Jenderal Andika Belum Tahu Kapan akan Dilantik Presiden Jokowi Jadi Panglima TNI

- Senin, 8 November 2021 | 13:33 WIB
Calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Rapat Paripurna DPR RI yang digelar hari ini, Senin (8/11/2021) memutuskan untuk menyetujui calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa yang telah diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR RI pada pekan lalu.

"Apakah laporan Komisi I DPR tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi dan persetujuan Jenderal Andika sebagai calon Panglima TNI dapat disetujui," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI.

Setelah itu, seluruh anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna tersebut secara virtual dan fisik menyatakan setuju Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

Namun, Jenderal Andika Perkasa belum mengetahui kapan akan dilantik oleh Presiden Jokowi.

"Saya belum diberi tahu (dilantik sebagai Panglima TNI). Belum dikasih tahu sampai sekarang," kata Jenderal Andika usai menghadiri Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Saat ini, Jenderal Andika masih menunggu waktu untuk dilantik secara resmi oleh Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain itu Jenderal Andika menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPR RI yang telah menyetujui surat presiden (surpres) terkait dengan usulan pengangkatan dirinya sebagai calon Panglima TNI.

"Saya masih menunggu untuk secara resminya dari Presiden," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan Komisi I DPR telah melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI pada tanggal 6 November untuk mendengarkan visi-misi Jenderal Andika.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan, yaitu menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI dan memberikan apresiasi atas dedikasinya selama memimpin TNI.

Kemudian memberikan persetujuan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X