Malaysia Berharap Dilibatkan oleh Indonesia dalam Pembangunan di Kalimantan

- Rabu, 10 November 2021 | 16:35 WIB
PM Malaysia dan Presiden Jokowi (Twitter/@IsmailSabri60)
PM Malaysia dan Presiden Jokowi (Twitter/@IsmailSabri60)

Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob berharap kalangan bisnis dan pedagang dari Malaysia dilibatkan dalam pembangunan yang dilakukan Indonesia di Pulau Kalimantan.

“Karena Presiden dan pemerintah Indonesia sedang membangunkan Kalimantan yang memang bersepadan dengan Malaysia yaitu Sabah dan Serawak, saya mohon wisatawan Malaysia dan bisnis, ahli perniagaan Malaysia boleh terlibat bersama dengan pembangunan di Kalimantan,” kata PM Ismail dalam konferensi pers bersama dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (10/11/2021).

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia sedang membangun proyek-proyek infrastruktur untuk menunjang pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.

Di bidang lainnya mengenai kerja sama ekonomi, Indonesia dan Malaysia menyepakati membuka koridor perjalanan internasional antara kedua negara dalam waktu dekat, melalui ketentuan travel corridor arrangement.

PM Ismail menyampaikan dirinya bersama Presiden Joko Widodo telah menyepakati untuk menugaskan para menteri terkait untuk mengatur detail pembukaan koridor perjalanan antara kedua negara.

Dia mengatakan untuk tahap awal, Indonesia dan Malaysia sepakat membuka koridor perjalanan dari Kuala Lumpur-Jakarta dan sebaliknya, serta Kuala Lumpur-Bali dan sebaliknya.

"Mungkin awal ini kita mulakan dengan Kuala Lumpur-Jakarta-Kuala Lumpur, dan juga Kuala Lumpur-Bali-Kuala Lumpur. Jadi insya Allah jika dipercepatkan urusan untuk detailnya, kita bersetuju tadi supaya joint statement akan kita buat, untuk kita umumkan pembukaan border antara Malaysia dengan Indonesia," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X