Ketua Fraksi PAN Beberkan Alasan Mau Disuntik Vaksin Nusantara

- Kamis, 15 April 2021 | 09:09 WIB
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 pada tenaga pendidik di SMP 216, Jakarta (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.)
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 pada tenaga pendidik di SMP 216, Jakarta (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.)

Anggota Komisi IX, Saleh Partaonan Daulay, membeberkan alasannya mengikuti proses vaksinasi menggunakan vaksin Nusantara. Salah satunya karena ia yakin vaksin nusantara cukup efektif meningkatkan imunitas.

“Saya memiliki sejumlah alasan mengapa saya mau divaksin dengan menggunakan vaksin Nusantara,” kata Saleh kepada Indozone, Kamis (15/4/2021).

Alasan pertama yang membuat Ketua Fraksi PAN ini yakin dengan vaksin nusantara karena ia sudah berdiskusi dengan para peneliti, baik peneliti asal Indonesia, maupun  Amerika Serikat.

“Saya mendapatkan penjelasan utuh terkait vaksin nusantara ini dan saya percaya bahwa vaksinasi ini sangat baik dan efektif dalam rangka meningkatkan imunitas,” tegas dia.

Kedua,  ia juga sudah berbicara dengan orang-orang yang pernah divaksin dengan vaksin Nusantara. Menurut mereka, vaksin Nusantara ini dapat dikatakan tidak memiliki efek samping dan sementara efektivitasnya sangat baik. 

“Setelah divaksin, mereka mengukur tingkat imunitas mereka. Terbukti, tingkat imunitas mereka naik cukup tinggi. Mereka lalu merekomendasikan vaksin ini kepada orang lain, termasuk kepada saya,” tutur Saleh.

Baca Juga: Anggota DPR Jadi Sampel Vaksin Nusantara, 'Indonesia Akan Sejajar dengan Negara Besar'

Lalu yang ketiga, Saleh melihat bahwa vaksin Nusantara ini sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Apalagi, presiden Jokowi sudah meminta agar Indonesia mengutamakan produk dalam negeri.

Vaksin Nusantara bisa menjadi salah satu contoh produk dalam negeri yang perlu mendapatkan dukungan dan perhatian pemerintah.

Keempat, tutur Saleh, vaksinasi dengan vaksin Nusantara ini dilakukan terbatas dan tidak melanggar ketentuan apapun. Dengan melakukan vaksinasi ini, BPOM akan lebih mudah memberikan berbagai macam izin yang dibutuhkan.

"Kita berani jadi contoh. Berani untuk divaksin lebih awal. Saya melihat, para peneliti dan dokter-dokter yang bertugas semuanya ikhlas. Tidak ada muatan politik sedikit pun,” ungkap Saleh.

Ia  berharap kedaulatan dan kemandirian Indonesia dapat terjamin dalam bidang kesehatan dan pengobatan. Sebab anggota DPR itu yakin, momentum covid-19 bisa menjadi pintu masuk bagi hal tersebut.

"Sekarang kan kita masih tergantung negara lain. Ketika diembargo, program vaksinasi kita langsung terganggu. Setidaknya, mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Di situ pentingnya kemandirian dan kedaulatan tersebut,” tutup Saleh.

Artikel Menarik Lainnya:  

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X