China Ingin AS 'Berhenti Bermain Api' karena Terus Memperkuat Hubungan dengan Taiwan

- Kamis, 15 April 2021 | 12:20 WIB
China ingin AS 'berhenti main api' (Ist)
China ingin AS 'berhenti main api' (Ist)

China memperingatkan AS untuk 'berhenti bermain api' karena mereka terus memperkuat hubungannya dengan Taiwan.

Hal itu terjadi setelah Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan pedoman baru karena terus meminjamkan dirinya sebagai sekutu Barat untuk negara pulau itu yang membuat Beijing marah.

Itu terjadi setelah China mengerahkan 25 kekuatan terbang nuklir di wilayah udara Taiwan, menandai serangan terbesar mereka hingga saat ini.

"Tidak ada ruang untuk kompromi dan tidak ada satu inci pun yang bisa diberikan," kata juru bicara China Zhao Lijian, dikutip dari The Sun.

"Kami mendesak pihak AS untuk memahami situasinya, dengan sungguh-sungguh mematuhi prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS, menahan diri dari bermain api, segera menghentikan kontak resmi dengan Taiwan dalam bentuk apa pun."

Meskipun tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, AS telah terbukti menjadi pembantu yang membantu di tengah meningkatnya permusuhan dengan Beijing dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun mereka menghormati kebijakan 'satu China' yang diberlakukan oleh Beijing karena mereka berusaha mati-matian dan bersatu dengan Taiwan, berdasarkan Undang-Undang Hubungan Taiwan 1979, AS secara hukum diwajibkan untuk memasok senjata kepada mereka untuk mempertahankan diri.

China menganggap Taiwan sebagai masalah teritorialnya yang paling sensitif yang terlarang bagi AS dan dengan khawatir tidak pernah mengesampingkan penggunaan kekuatan dalam rencana potensial untuk bersatu.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu sebelumnya mengatakan negara itu akan bertempur sampai hari terakhir jika diserang oleh China.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X