The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menlu Retno Tekankan Diplomasi Kesehatan Tetap Prioritas Indonesia di 2022
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
News

Menlu Retno Tekankan Diplomasi Kesehatan Tetap Prioritas Indonesia di 2022

Kamis, 06 Januari 2022 15:33 WIB 06 Januari 2022, 15:33 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan bahwa diplomasi kesehatan tetap menjadi salah satu prioritas Indonesia pada tahun ini. Pernyataan itu disampaikannya dalam pernyataan pers tahunan Menlu RI Tahun 2022, Kamis (6/1/2022) secara virtual.

Dia menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 mengajarkan semua pihak untuk memperbaiki ketahanan kesehatan nasional dan global. Oleh karena itu kerja sama jangka panjang diperlukan untuk memperkuat infrastruktur kesehatan nasional maupun industri kesehatan baik obat-obatan maupun vaksin.

“Indonesia harus mampu memproduksi vaksin sendiri dan dapat menjadi hub produksi vaksin di kawasan. Indonesia harus mampu membuat obat sendiri dan memenuhi bahan baku obat,” tuturnya.

Menlu juga menekankan pentingnya pengembangan riset dan jejaring manufaktur vaksin, termasuk melalui Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).

Baca juga: Kaki Giring Nyangkut di Lumpur saat Sidak Lokasi Formula E Dinilai Wajar

Sedangkan di tingkat global, arsitektur kesehatan dunia harus diperkuat agar dunia lebih siap menghadapi ancaman pandemi ke depan. Retno menjelaskan bahwa penguatan arsitektur kesehatan global menjadi salah satu prioritas kekuatan Indonesia pada G-20.

Dia juga juga menyebut bahwa Indonesia akan terus mendorong penguatan peran sentral Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam mengoordinasikan aksi global di bidang kesehatan.

“Indonesia juga menilai pentingnya sebuah Pandemic Treaty yang baru agar dunia lebih siap menghadapi pandemi. Indonesia siap berkontribusi secara konstruktif dalam proses negosiasi Pandemic Treaty tersebut. Mekanisme baru pendanaan kesehatan bagi negara berkembang juga harus dibentuk,” tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Rachmat Fahzry

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US