Harga Bahan Pangan Naik, Pimpinan MPR Minta Pemerintah Perhatikan Hal Ini

- Kamis, 30 Desember 2021 | 19:36 WIB
Pedagang melayani pembeli membeli daging ayam. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)
Pedagang melayani pembeli membeli daging ayam. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyoroti naiknya harga bahan pangan di akhir tahun 2021. Karena itu dia mendesak agar pemerintah dapat melakukan langkah-langkah, seperti halnya melakukan inspeksi ke pasar.

“Melakukan inspeksi ke pasar-pasar guna mengetahui disparitas harga pangan, serta terus berupaya mendorong langkah stabilisasi harga untuk menurunkan harga beberapa bahan pangan yang mengalami tren kenaikan menjelang akhir tahun,” kata Bamsoet kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).

Ditekankan Bamsoet inspeksi ke pasar tersebut bisa melalui kebijakan hingga langkah taktis di lapangan. Di mana dalam bentuk operasi pasar agar harga kembali ke posisi normal atau dibawah harga ecera tertinggi.

Baca juga: DPRD Minta Pemprov Antisipasi Kelangkaan Komoditas Pangan saat PSBB Transisi

Kemudian menurut dia pemerintah harus bisa mengoptimalkan kinerja Satgas Pangan guna menangani permasalahan di lapangan, mulai dari memantau harga pangan pokok, memastikan ketersediaan stok, kelancaran distribusi, mengawasi rantai pasok, hingga mengulik penyebab terjadinya kenaikan sejumlah harga pangan.

“Menginstruksikan kepada Bulog dan agen-agen bahan pokok untuk berupaya melakukan intervensi-intervensi kenaikan harga pangan/sembako, dengan harapan daya beli terjaga dan inflasi terkendali. Disamping menindak tegas agen yang menumpuk stok bahan pangan,” tegasnya.

Politikus Partai Golkar ini juga mendorong agar Kementerian terkait dapat mengedepankan komitmen dengan menjamin kelancaran pasokan stok pangan.

“Meminta pemerintah melalui kementerian terkait untuk terus berkomitmen menjamin kelancaran pasokan stok pangan, kestabilan harga yang terjangkau oleh masyarakat, baik jelang periode Natal dan Tahun Baru maupun setelah periode Nataru,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X