The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bantah Diretas Hacker China, BIN: Server Kami Dalam Kondisi Aman Terkendali
Ilustrasi. (Pexels)
News

Bantah Diretas Hacker China, BIN: Server Kami Dalam Kondisi Aman Terkendali

Selalu melakukan pengecekan berkala

Selasa, 14 September 2021 12:14 WIB 14 September 2021, 12:14 WIB

INDOZONE.ID - Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto menepis kabar yang menyebutkan jika server internalnya diretas oleh hacker asal China. Wawan berkata saat ini server BIN dalam kondisi aman dan tidak ada peretasan oleh siapapun.

"Namun demikian, hingga saat ini server BIN masih dalam kondisi aman terkendali dan tidak terjadi hack sebagaimana isu yang beredar bahwa server BIN diretas hacker asal China," ujar Wawan, Selasa (14/9/2021).

Diakui Wawan BIN saat ini terus melakukan pendalaman dan berkoordinasi dengan stakeholder untuk mencari apakah benar informasi peretasan server BIN dan Kementerian lainnya. Kemudian dia berkata BIN selalu melakukan pengecekan secara berkala mengenai server yang dipunyainya.

"BIN selalu melakukan pengecekan secara berkala terhadap sistem yang berjalan termasuk server untuk memastikan bahwa server tersebut tetap berfungsi sebagaimana mestinya," urainya.

BACA JUGA: Dugaan Pembobolan Hacker China, Anggota DPR Ibaratkan Kemenkominfo Seperti Macan Ompong

Wawan menuturkan serangan siber terhadap BIN adalah hal yang wajar, mengingat BIN terus bekerja untuk menjaga kedaulatan NKRI dan mengamankan kepentingan nasional rakyat Indonesia.

"BIN bekerja sama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) Kominfo serta lembaga pemerintah lainnya untuk memastikan jaringan BIN aman dan bebas dari peretasan," tegas Wawan.

Selain itu, masyarakat diharapkan untuk tidak mudah mempercayai informasi yang berkembang dan tetap melakukan check, recheck, dan crosscheck atas informasi yang ada di masyarakat.

"Hal ini perlu dilakukan mengingat sebelumnya juga muncul isu hoaks kebocoran data eHAC," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US