Kepala BSSN Ungkap Pembangunan Pusat Data di IKN Nusantara

- Kamis, 17 Maret 2022 | 14:39 WIB
Pra desain Istana Ibu Kota Negara Nusantara. (Instagram/@nyoman_nuarta)
Pra desain Istana Ibu Kota Negara Nusantara. (Instagram/@nyoman_nuarta)

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengatakan, bahwa pihaknya bakal membangun Pusat Rekam Cadang Data Strategis Nasional atau Pusat Data di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Begitu dikatakan Hinsa dalam rapat dengan Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/3/2022).

"Pusat rekam cadang data strategis nasional yang saat ini berada di sawangan dan kedepannya juga akan dibangun di IKN," ungkap Hinsa.

Dia menyatakan pembangunan tersebut mengacu kepada PP nomor 71 tahun 2019 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik.  Adapun dengan dibangunnya pusat data itu guna menjamin keamanan integritas dan ketersediaan data strategis nasional.

Baca Juga: Dikritik, PDIP DKI Sebut Anies Harusnya Bawa Tanah dari Munjul yang Dikorupsi ke IKN

"Keamanan konektivitas data antara kementerian lembaga di IKN diutamakan dengan membentuk suatu jaringan tertutup terenkripsi yang hanya dapat diakses antar kementerian lembaga pada IKN," ungkapnya. 

Dikatakan Hinsa, dibangunnya Pusat Rekam Cadang Strategis Nasional di IKN turut mendukung transformasi digital. Apalagi sebagai bentuk guna mendukung IKN yang smart city. 

"Dalam rangka mendukung transformasi digital di IKN yang mendukung smart city BSSN berencana membangun pusat rekam cadang data strategis nasional di IKB BSSN telah membangun pusat rekam cadang data strategis nasional existing saat ini di Sawangan," tukas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X