Viral Rekrutmen Pegawai Timbulkan Kerumunan, Lion Air Minta Maaf

- Minggu, 17 April 2022 | 13:02 WIB
Penampakan kerumunan rekrutmen Lion Air di Tangerang yang dibubarkan pihak kepolisian. (Istimewa)
Penampakan kerumunan rekrutmen Lion Air di Tangerang yang dibubarkan pihak kepolisian. (Istimewa)

Viral sebuah video memperlihatkan kondisi kerumunan para masyarakat yang hendak melamar di perusahaan aviasi Lion Group di Lion Operation Center, Neglasari, Tangerang, Sabtu (16/4/2022) kemarin.

Hal ini pun membuat ruas jalan di sekitar lokasi dipenuhi oleh para pelamar dan mengakibatkan lalu lintas menjadi macet.

"Woi, santai woi," kata seseorang sebagaimana dilihat dalam video yang beredar di media sosial, Minggu (17/4/2022).

Lion Air Minta Maaf

Mengenai hal tersebut, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, proses rekrutmen calon karyawan sejatinya sudah mengikuti protokol kesehatan.

"Lion Air Group menggunakan metode seleksi bertahap walk in interview yaitu sesi wawancara dan sapa informal yang diatur oleh Lion Air Group guna merekrut sekelompok kandidat dalam waktu singkat dengan kuota terbatas setiap proses menurut jumlah pelamar (kandidat) yang mendaftar, yaitu 100 – 200 orang. Ketentuan ini sebagai bagian dalam mengedepankan faktor kesehatan, kualifikasi fisik, persyaratan administrasi, kenyamanan dan keamanan," kata Danang sebagaimana dalam siaran persnya diterima Indozone, Minggu (17/4/2022).

Dia menuturkan bahwa proses rekrutmen telah diatur sebagaimana ketentuan yang sudah dimiliki Lion Air Group, namun jumlah yang datang untuk melamar melalui proses walk in interview melebihi kapasitas.

BACA JUGA: Penumpang Lion Air Meninggal Dunia, Inilah Tanggapan Maskapai!

Kemudian, kata Danang,  dalam menanggapi dan mengakomodir pelamar kerja dalam jumlah besar berkisar 1.500 orang dan memperhatikan ketentuan penerimaan, maka Lion Air Group memutuskan tahap awal dilakukan proses seleksi administrasi.

"Seluruh berkas calon pelamar yang datang langsung sudah diterima oleh tim rekrutmen Lion Air Group," bebernya.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai tahapan seleksi, semua pelamar kerja dipersilakan untuk meninggalkan lokasi. Hal ini merupakan keputusan Lion Air Group guna mengutamakan waktu tunggu  menjadi lebih cepat, sederhana dan mengimplementasikan strategi rekrutmen efektif dan tepat sesuai situasi yang bergerak dinamis dalam membantu seleksi calon tenaga kerja.

Lebih jauh Danang menuturkan jika pengumuman lowongan kerja dan penerimaan calon karyawan dilakukan secara bertahap oleh Lion Air Group seiring mendukung proses pemulihan bisnis penerbangan (recover stronger), situasi dinamis serta perkembangan operasional dan layanan Lion Air Group beserta perusahaan afiliasi mendatang.

"Lion Air Group mengucapkan terima kasih atas antusias dari pelamar kerja dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X