Umrah Untuk Jemaah Indonesia Dibuka Kembali, DPR: Sosialisasikan Syaratnya ke Masyarakat!

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:01 WIB
Ilustrasi umrah. (Unsplash/Omer F. Arslan)
Ilustrasi umrah. (Unsplash/Omer F. Arslan)

Ketua Komisi VIII Yandri Susanto menyambut baik keputusan Kerjaan Arab saudi yang membuka pintu pelaksanaan ibadah Umrah bagi jamaah asal Indonesia. Menurutnya hal ini sangat dinantikan oleh para jemaah umrah di Indonesia.

"Alhamdulillah ini yang dinanti-nantikan sama jamaah umroh Indonesia," kata Yandri kepada wartawan dikutip Senin (11/10/2021).

Menurut Yandri,  langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah memastikan syarat pelaksanaan ibadah umrah bagi masyarakat. Dengan demikian ke depannya para calon jemaah umrah tak lagi bingung dengan syarat-syarat tersebut.

"Yang terpenting pastikan syarat-syarat bisa umroh di publikasikan ke masyarakat, termasuk masalah vaksin yang barcode vaksin kita belum bisa dibaca sama sistem di Saudi, ini penting diclearkan biar umrah berjalan baik dan lancar," tutur Yandri.

Sebelumnya Kerajaan Arab Saudi kembali membuka pintu pelaksanaan umrah untuk jamaah Indonesia. Terkait hal tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan pemerintah langsung melakukan koordinasi.

Baca juga: Umrah untuk Jemaah Indonesia Dibuka, Pemerintah Langsung Lakukan Koordinasi

Retno mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia untuk menyikapi keputusan itu.

"Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama," terangnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (9/10/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X