The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Penyebab Banjir, Wagub DKI: Tumpukan Sampah di Jakarta Melebihi Tinggi Monas
Warga memikul jeriken air melintasi jembatan kayu di antara sampah di kawasan perkampungan nelayan Cilincing, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
News

Jadi Penyebab Banjir, Wagub DKI: Tumpukan Sampah di Jakarta Melebihi Tinggi Monas

Didominasi oleh jenis plastik.

Senin, 21 Februari 2022 09:33 WIB 21 Februari 2022, 09:33 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa sampah menjadi salah satu faktor utama penyebab banjir di ibu kota. Apalagi, selama ini sampah didominasi oleh jenis plastik.

Pasalnya, menurut mantan Anggota DPR ini tumpukan sampah tersebut kerap menyebabkan aliran sungai dan kali tersendat, sehingga air meluap ke permukiman warga. 

“Tumpukkan sampah di Jakarta menjadi salah satu alasan utama terjadinya banjir. Tentu, sampah tersebut didominasi oleh sampah plastik,” tulis Riza dalam akun Instagramnya yang dikutip Senin, (21/2/2022). 

Lebih lanjut, Riza pun menjelaskan kalau jajarannya berhasil mengangkut 121.433,53 meter kubik sampah dari sungai selama periode Oktober sampai Desember 2021. 

Politikus Partai Gerindra ini bahkan  mengungkapkan, sampah yang diangkut ini bila ditumpuk maka tingginya 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan Monumen Nasional (Monas). 

“Usut punya usut, akumulasi volume sampah yang ada di sungai 3 bulan itu jika diumpamakan ternyata bisa melebihi besarnya Monas,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Riza mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di saluran air, seperti sungai atau kali guna mencegah terjadinya banjir. 

“Mari, kita buang sampah pada tempatnya agar sungai sebagai pengendali banjir bisa melaksanakan tugasnya secara maksimal,” tandas Riza.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US