PKS Minta Jokowi Respons Usul Pemilu 2024 Ditunda, Jika Diam Bisa Dianggap Mendukung

- Kamis, 3 Maret 2022 | 16:32 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Setpres)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Setpres)

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons usulan penundaan Pemilu 2024, yang disampaikan beberapa partai politik koalisi pemerintah, salah satunya oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Menurut Mardani, jika Presiden Jokowi hanya diam saja, bisa menimbulkan multitafsir. Salah satunya akan dinilai mendukung wacana Pemilu 2024 ditunda.

"Jika terus seperti ini, Pak Jokowi harus kembali menyatakan penolakannya terhadap ide penundaan Pemilu 2024. Diamnya Pak Jokowi bisa multitafsir karena bisa dianggap mendukung penundaan Pemilu. Terlebih ide-ide tersebut muncul dari partai pendukung pemerintah," ujar Mardani kepada wartawan, Kamis (3/3/2022).

Mardani menjelaskan bahwa pemimpin yang baik harus taat asas dan membangun sistem yang baik. Jika sistem terbangun baik, lanjutnya, maka akan ada regenerasi dan takkan ada figuritas hingga memanjangkan kekuasaan.

"Ingat, semangat reformasi mesti tetap dipertahankan dan diperjuangkan bersama. Tentu dengan itikad baik para pengelola negeri saat ini," urai Mardani.

Dia menilai pandemi Covid-19 yang dijadikan alasan untuk menunda pemilu adalah hal yang tidak masuk akal. 

"Selain itu, pemerintah juga terus mengklaim kondisi sekarang tertangani dengan baik. Termasuk dengan menyiapkan peta jalan perubahan status bencana ini menjadi endemi," bebernya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X