6 Situs Crowdfunding Terpopuler Untuk Wujudkan Ide Kerenmu!

- Senin, 30 September 2019 | 17:26 WIB
photo/Ilustrasi/Pixabay
photo/Ilustrasi/Pixabay

Istilah 'crowdfunding' bukan lagi hal baru bagi masyarakat, khususnya kalangan anak muda yang memiliki segudang ide keren dan brilian. Apalagi belakangan ini, anak-anak muda banyak menggelar kegiatan sosial dan kemanusiaan. Namun, seringkali keinginan itu terhambat karena keterbatasan dana.

Seiring perkembangan zaman, hambatan itu bisa diatasi dengan kehadiran berbagai macam situs yang menerapkan sistem penggalangan dana secara terbuka. Ada banyak situs crowdfunding yang bisa dipilih tergantung kebutuhan.

Apa saja ya? Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Senin (30/9), berikut ini 6 situs crowdfunding terpopuler untuk membantu mewujudkan proyek dan idemu:

1. Kitabisa

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kitabisa (@kitabisacom) on

Situs Kitabisa.com merupakan salah satu situs penggalangan dana paling terkenal di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2013, Kitabisa menjadi platform penggalangan dana untuk beragam donasi kemanusiaan serta proyek besar. Kitabisa.com sudah mendanai ratusan program dengan nilai milyaran hingga saat ini.

2. Kolase

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOLASE.COM (@kolasedotcom) on

Kolase, situs crowdfunding yang ditujukan untuk menghubungkan artis dan audiens dalam kolaborasi event seni. Di situs ini, siapa pun bisa memilih beberapa kategori penggalangan dana untuk acara live, konser, serta amal.

3. Rockethub

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rocket Hub (@rockethublisbon) on

Rockethub merupakan situs crowdfunding yang fokus dalam penggalangan dana di bidang proyek industri kreatif. Uniknya, situs ini menawarkan dua program yaitu fuelpad dan launchpad untuk para pencari modal. Dengan begitu, akan semakin banyak investor yang tertarik membiayai acara atau kegiatan yang akan digelar dalam jumlah besar.

4. Kickstarter

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kickstarter (@kickstarter) on

Situs crowdfunding Kickstarter berasal dari Amerika Serikat. Sama seperti Rockethub, situs Kickstarter bergerak di bidang industri kreatif. Berdiri 28 April 2009, situs ini sudah mendanai lebih dari 257 ribu proyek industri kreatif dan berhasil menggalang 1,9 juta dolar Amerika Serikat (Rp25,5 miliar) dari 9,4 juta donator.

5. Indiegogo

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Indiegogo (@indiegogo) on

Berbasis di San Fransisco, Indiegogo merupakan crowdfunding yang berawal dari sebuah band indie yang meminta para fans untuk biaya pembuatan album band tersebut. Investor menggunakan situs ini bisa berkontribusi dengan jumlah modal yang ditetapkan. Reward yang didapatkan adalah akses bebas masuk atau undangan saat peluncuran film maupun album musik indie. Hingga saat ini, Indiegogo telah membantu lebih dari 800 ribu ide inovatif untuk kegiatan kreatif, amal, hingga start-up/

6. Gandengtangan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by GandengTangan (@gandengtangan) on

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X