Benarkah Minyak Curah Nggak Bergizi?

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 10:19 WIB
Antara/Muhammad Adimaja
Antara/Muhammad Adimaja

Pemerintah belum lama ini mengimbau masyarakat untuk tidak lagi menggunakan minyak curah karena alasan kesehatan. Lalu, benarkah minyak yang biasanya dijual lebih murah dari minyak bermerek ini tak bergizi?

Dr Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi dari Medical Department Kalbe Farma mengatakan, minyak yang dijual dengan merek, produsen sudah menambah dengan fortifikasi misalnya ada tambahan gizi. Sementara itu, minyak curah tidak ada tambahan, hanya kelapa sawit.

Jika minyak curah telah dipakai berkali-kali dan disaring hingga warnanya kembali bening, minyak ini kandungan lemaknya menjadi tidak stabil karena telah melalui pemanasan berkali-kali.

"Struktur dari lemak semakin sering dipanaskan, rantainya tidak stabil atau dikenal sebagai minyak trans. Semakin dipanaskan lemak jadi tidak stabil. Kandungan lemak trans tinggi," ujar Dedy.

Lemak trans bisa meningkatkan kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung dan terkait dengan risiko tinggi terhadap diabetes tipe 2.

Minyak kelapa sawit memang disarankan untuk proses memasak dengan digoreng karena tidak ada ikatan rangkap. Justru, minyak yang ada ikatan rangkap tidak diboleh digunakan untuk menggoreng.

"Justru minyak yang ada ikatan rangkap tidak boleh untuk menggoreng. Semakin banyak ikatan rangkapnya pada saat dipanaskan akan mudah menjadi lemak trans," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X