Penjualan Dalam Negeri Terjaga, Industri Pakaian Jadi Tetap Melejit

- Kamis, 7 November 2019 | 09:24 WIB
Jokowi sedang berbelanja pakaian. (Setkab).
Jokowi sedang berbelanja pakaian. (Setkab).

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) mencatatkan pertumbuhan paling tinggi pada triwulan III tahun 2019 sebesar 15,08 persen. Capaian tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi 5,02 persen di periode yang sama.

Kementerian Perindustrian menegaskan, kondisi tersebut, didorong tingginya permintaan di pasar domestik, yang membuat peningkatan produksi tekstil dan pakaian jadi, khususnya di wilayah Jawa Barat. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, selain didukung konsumsi dalam negeri, pihaknya proaktif memacu ekspor produk industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional. Sebab, industri ini sebagai sektor padat karya. 

Ia menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah strategis untuk mendorong perluasan akses pasar serta merestrukturisasi mesin dan peralatan demi menggenjot daya saing industri TPT.

"Banyak hal yang kami pacu. Misalnya, memudahkan ketersediaan bahan baku dan pasokan energi. Selain itu, pemerintah tengah menyelesaikan aturan perlindungan (safeguard)," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (7/11).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, produksi industri pakaian jadi mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 15,29 persen. Sementara itu, Kementerian Perindustrian menargetkan, ekspor dari industri TPT nasional akan menembus hingga USD15 miliar sepanjang tahun 2019.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X