Megawati Dapat Pengharggan Hingga APDESI Tuntut Alokasi Dana Desa 10 Persen dari APBN

- Minggu, 19 Maret 2023 | 16:33 WIB
Megawati peroleh pengharggan dari APDEDI dukung alokasi dana desa 10 persen dari APBN. (ANTARA)
Megawati peroleh pengharggan dari APDEDI dukung alokasi dana desa 10 persen dari APBN. (ANTARA)

Para perangkat Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menuntut agar alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 10 persen disalurkan untuk dana desa.

Hal ini diutarakan Ketua Umum APDESI Surta Wijaya agar pembangunan di desa bakal memicu masyarakat untuk mencari rezeki di desa, tidak lagi terpusat di perkotaan. 

“Semua itu jawabannya adalah dana desa. Sepakat? jadi 10 persen ke depan harga mati dana desa dari APBN,” ujar Surta kepada wartawan di komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (19/3/2023). 

Tuntutan alokasi APBN untuk dana desa itu didukung sejumlah tokoh nasional seperti Presiden kelima RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Majelis Permusyawaratn Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

Baca juga: Kumpul di Senayan, Para Kepala Desa Minta Alokasi 10% APBN untuk Dana Desa

Bahkan Megawati meraih penghargaan dari Apdesi sebagai tokoh penggerak gotong royong desa dalam acara peringatan 9 Tahun UU Desa di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Penghargaan itu diberikan secara simbolis dengan penyerahan piagam penghargaan dari Ketua DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Surta Wijaya.

Selain Megawati, sejumlah tokoh lainnya juga meraih penghargaan dari Apdesi, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan selaku tokoh nasional penggerak kemandirian desa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai tokoh nasional penggerak tata kelola pemerintahan desa, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai gubernur peduli kesejahteraan aparatur desa.

Baca juga: Ketua MPR Dukung Kades yang Minta Dana Desa 10 % dari APBN, Ini Alasannya

Berikutnya, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Apdesi Muhammad Asri Anas sebagai tokoh pemersatu organisasi desa dan politikus PDI Perjuangan Budiman Sujatmiko sebagai tokoh nasional pejuang UU Desa.

Megawati, Luhut, Tito, dan para penerima penghargaan itu selanjutnya melakukan sesi foto bersama di atas panggung.

Ribuan kepala desa yang hadir pun menyambut momen itu dengan tepuk tangan meriah.

Acara dilanjutkan dengan pemberian arahan dari Megawati kepada para kepala desa yang hadir.

Dalam mengawali arahannya, Megawati berterima kasih karena telah diberikan kesempatan oleh Apdesi dan para kepala desa untuk menghadiri acara tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X