Penyelundupan 7 Ekor Kanguru Papua Digagalkan BKSDA Maluku dan Polsek KPYS Ambon

- Selasa, 16 Mei 2023 | 11:50 WIB
Penggagalan penyelundupan kanguru di Ambon. (Z Creators/Pasra Rukuwa)
Penggagalan penyelundupan kanguru di Ambon. (Z Creators/Pasra Rukuwa)

Penyelundupan 7 ekor kanguru menggunakan KM. Dobonsolo digagalkan BKSDA Maluku dan Polsek KPYS Ambon saat kapal tiba sandar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin, 15 Mei 2023. Satwa endemik Papua yag dilindungi ini diselundupkan dalam kamar nomor 018 KM. Dobonsolo. 

Kapolsek KPYS Ambon, Iptu Julkisno Kaisupy mengungkapkan, kanguru diselundupkan dari Pelabuhan Jayapura, Provinsi Papua dengan tujuan Surabaya. Namun upaya penyelundupan satwa liar dilindungi ini dapat digagalkan setelah Polsek KPYS Ambon dapat informasi dari BKSDA Maluku terkait adanya penyelundupan 20 ekor kanguru di kapal itu. 

Sehingga ketika KM. Dobonsolo tiba sandar di Pelabuhan Ambon, Senin, Polsek KPYS Ambon bersama Tim BKSDA Maluku serta pihak PT. Pelni (Persero) maupun kru kapal langsung lakukan pengecekan. Dari hasil pengecekan, hanya ditemukan 7 ekor kanguru dalam kamar nomor 018 KM. Dobonsolo. 

"Informasi awal kita dapat dari BKSDA Maluku bahwa diduga ada masyarakat yang membawa hewan yang dilindungi tujuan Surabaya tapi transit di Ambon, dan kita bersama-sama naik ke kapal mengecek dan ternyata benar kita temukan 7 ekor kanguru dan langsung kita amankan bersama-sama," bebernya. 

-
Penggagalan penyelundupan kanguru di Ambon. (Z Creators/Pasra Rukuwa)

Bersamaan dengan barang bukti satwa dilindungi, Polsek juga amankan dua orang, satu orang inisial MY dan satu lagi inisial S. 

MY merupakan TKBM di Pelabuhan Jayapura inisial MY yang bertugas mengangkut kanguru ke kapal. Sedangkan S adalah ABK KM. Dobonsolo. 

Hanya saja, pemilik dari satwa selundupan  ini belum berhasil ditemukan meski sesuai penuturan MY, pemilik ada di kapal juga. 

"Sementara pemiliknya itu ada di kapal juga, cuma orangnya sudah kita cari tadi tapi tidak diketemukan. Nanti kita koordinasi lagi dengan Pelni, pihak kapal atau pihak pelabuhan dan BKSDA di Surabaya untuk melakukan razia juga di sana," sambungnya. 

-
Penggagalan penyelundupan kanguru di Ambon. (Z Creators/Pasra Rukuwa)

Apalagi, menurut informasi awal, ada sekitar 20 ekor kanguru yang diselundupkan, namun yang berhasil ditemukan hanya 7 ekor. Rencananya kanguru akan dijual di Surabaya.

"Informasinya mau dijual di daerah Surabaya Tadi menurut penjelasan, (harganya) 32 sampai 40 juta per ekor kanguru," jelasnya. 

Kasubag TU BKSDA Maluku, Rosni kepada wartawan menjelaskan, kanguru yang diselundupkan ini merupakan satwa endemik Papua. 

Penyelundupan awalnya tercium BKSDA Papua yang kemudian melaporkannya ke BKSDA Maluku. Informasinya, ada 20 ekor, namun ternyata hanya ditemukan 7 ekor. 

"Sehingga kami langsung bekerjasama dengan Polsek Pelabuhan. Ketika kapal sandar, kita bersama-sama mencari apa benar satwa dilindungi itu ada atau tidak. Ternyata kami temukan hanya 7 ekor kanguru," terangnya. 

-
Penggagalan penyelundupan kanguru di Ambon. (Z Creators/Pasra Rukuwa)

Terkait sisa kanguru yang diduga masih ada di kapal, kata Rosni menambahkan, BKSDA Maluku akan berkoordinasi dengan semua BKSDA di setiap pelabuhan yang disinggahi KM. Dobonsolo sehingga dilakukan pengecekan lebih lanjut lagi. 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X