Jawa Tengah Tingkatkan Kerja Sama dengan China, Ganjar Siapkan 10 Ribu Tenaga Kerja

- Rabu, 10 Mei 2023 | 21:37 WIB
Jateng dan Fujian perpanjang masa kerja sama kedua provinsi. (Dok. Pemprov Jateng)
Jateng dan Fujian perpanjang masa kerja sama kedua provinsi. (Dok. Pemprov Jateng)

Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Fujian, China merayakan 20 tahun terjalinnya hubungan sister province (provinsi kembar) antar kedua provinsi. Kali ini, perayaan tersebut diperingati dengan pameran foto, produk keramik dan teh dari kedua daerah.

Perwakilan Provinsi Fujian Zhou Zuyi selaku Sekretaris Partai Komunis (CPC) Provinsi Fujian dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bertemu dalam peringatan yang diadakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang.

"Kami senang karena 20 tahun kerja sama antara Jawa Tengah dengan Fujian berjalan bagus dan cukup produktif. Investasi berjalan, perdagangan berjalan, ekspor impor berjalan dan kita juga kerja sama pendidikan berjalan bagus," ujar Ganjar dalam keterangan yang diterima, Rabu (10/5/2023).

Pada kesempatan itu, Jawa Tengah dan Fujian juga menandatangani sejumlah peningkatan implementasi kerja sama di berbagai bidang, baik yang sudah berjalan maupun kerja sama yang akan diadakan.

Baca Juga: PDIP Kemungkinan Pilih Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar

Salah satunya, kesepakatan kerja sama investasi yang dilakukan Ganjar dan Zhou Zuyi terkait pembangunan pabrik energi yang dibangun di Kawasan Industri Batang. 

"Kita ingin kembangkan lagi, kita tarik beberapa investor ini sudah masuk kurang lebih 200 hektar lahan yang dibutuhkan di Kawasan Industri Batang, sudah confirm, tadi sudah tanda tangan mereka investasi di sini, konsorsium sudah dibuat," jelas Ganjar.

-
Jateng dan Fujian perpanjang masa kerja sama kedua provinsi. (Dok. Pemprov Jateng)

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, Ganjar juga memastikan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pabrik yang bakal dibangun di atas lahan 200 hektare di Batang itu menyerap tenaga kerja lokal.

Total keseluruhan tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 10 ribu tenaga kerja, dengan keahlian dan spesialisasi berbeda-beda.

Untuk melancarkan kerja sama tersebut, Ganjar pun berkomitmen memberikan pendampingan dan pelatihan kepada bakal calon tenaga kerja. Sehingga para tenaga kerja lokal menjadi lebih unggul dan lebih berkualitas.

Baca Juga: Isi Kuliah Umum di UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, Ini yang Disampaikan Ganjar

"Kira-kira nanti akan butuh tenaga kerja minimal 10 ribu dan dia sudah punya komitmen semua (pekerja) dari lokal, tugas kita menyiapkan tenaga kerja lokal ini untuk bisa masuk pada posisi itu," ucap Ganjar.

Ganjar juga menginginkan, para tenaga kerja yang bekerja di perusahaan asing tidak hanya mengisi posisi pekerja kasar saja, tetapi juga di posisi jabatan middle dan upper.

Oleh sebab itu, Jawa Tengah dan Fujian juga turut meneken kerja sama di sektor pendidikan, khususnya di bidang vokasi untuk bersama-sama mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X