Kaleidoskop 2022: Kasus Sambo hingga Tragedi Kanjuruhan Bikin Institusi Polri Tercoreng

- Sabtu, 31 Desember 2022 | 14:00 WIB
Anggota Polri. (Antara).
Anggota Polri. (Antara).

Sepanjang tahun 2022, banyak kasus mencoreng wajah institusi Polri. Banyak polisi-polisi tersandung masalah mulai dari pangkat rendah hingga tinggi, mulai dari kasus kecil hingga kasus besar.

Indozone merangkum secara singkat kasus apa saja yang membuat institusi Bhayangkara mendapat citra buruk hingga (31/12/2022).

Berikut daftar deretan kasus merusak insititusi Polri:

1. Kasus Pembunuhan Brigadir J Oleh Ferdy Sambo 

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo terseret kasus pembunuhan terhadap ajudanya sendiri, Brigadir Yoshua Hutabarat. Dalam kasus ini menyeret banyak nama anggota Polri mulai dari pangkat Bharada hingga Brigjen dari berbagai jabatan.

-
Ferdy Sambo. (ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan).

Mereka bahkan terkena sanksi demosi hingga pemecatan tidak dengan hormat (PTDH). Kasus itu sendiri kini masih bergulir dalam persidangan.

2. Eks Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa Ditangkap Terkait Narkoba

Tak lama kasus Ferdy Sambo mencuat, mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa ditangkap oleh jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Dia ditangkap dengan tuduhan menyalahgunakan barang bukti narkotika.

-
Tersangka kasus peredaran narkoba Irjen Pol Teddy Minahasa (tengah) berjalan menuju ruang tahanan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (25/10/2022). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Baca Juga: Berkas Dinyatakan Lengkap, Polda Metro Segera Limpahkan Irjen Teddy Minahasa ke Jaksa

Sama seperti Sambo, kasus ini juga menyeret banyak nama polisi salah satunta mantan Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara.

3. Tragedi Stadion Kanjuruhan

Insiden jatuhnya ratusan korban di Stadion Kanjuruhan menyeret sejumlah anggota Polri dan sudah berstatus sebagai tersangka. Tersangka dari institusi Polri antara lain Kabag Ops Polres Malang, Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Dan Satbrimob Polda Jatim AKBP Hasdarman dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Ahmadi.

-
Aparat menembakkan gas air mata di Tragedi Kanjuruhan. (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Baca Juga: Eks Dirut PT LIB Tersangka Tragedi Kanjuruhan Bakal Bebas dari Rutan, Kok Bisa?

4. Dua Polantas Jilat Kue HUT TNI di Papua Barat

Bripda D dan Bripda F viral di media sosial karena menjilat dan mengolok-olok kue HUT TNI yang rencananya bakal diberikan untuk Kodam XVIII Kasuari. Akibatnya, dua oknum polantas itu kini sudah dipecat dari Polri.

-
Aksi jilat kue lalu hina Ultah TNI, dua Polantas Polda Papua Barat dipecat. (Ist)

5. Pensiunan Polisi, Ismail Bolong Terlibat Tambang Ilegal di Kaltim

Ismail Bolong sempat viral karena mengaku pernah menyetor sejumlah uang ke Kabareskrim Polri untuk mengamankan aktivitas tambang ilegal di Kalimantan Timur. Dia mengaku hal itu dia lakukan saat masih aktif menjadi polisi.

6. Kasat Narkoba Polres Karawang, AKP Edi Nurdin Terlibat Kasus Narkoba

Bareskrim Polri pernah menangkap mantan Kasat Narkoba Polres Karawang bernama AKP Edi Nurdin karena dirinya masuk dalam jaringan narkoba. AKP Edi diduga sebagai pengedar narkoba.

7. Anggota Polsek Pondok Aren, Bripka HK Viral Selingkuh Dengan Banyak Wanita

Curahan hati seorang wanita Bhayangkari viral di media sosial karena menceritakan kisah rumah tangganya yang retak lantaran suaminya berinisial Bripka HK selingkuh dengan banyak wanita. Bid Propam Polda Metro Jaya sendiri sudah memberikan sanksi demosi kepada Bripka HK.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X