Duh! Korban Mafia Tanah Pejabat BPN dari Warga Biasa hingga Pemerintah

- Kamis, 14 Juli 2022 | 02:27 WIB
Ilustrasi tanah. (Freepik)
Ilustrasi tanah. (Freepik)

Polda Metro Jaya menangkap 4 pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN) karena disinyalir tergabung dalam sindikat mafia tanah. Usut punya usut, korban dari sindikat ini dimulai dari warga biasa hingga pemerintah.

"Korban-korban mafia tanah ini ada perusahaan besar, aset-aset pemerintah pusat maupun rakyat jelata," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi dalam keteramgan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Hengki menyebut sindikat ini memang menyasar aset-aset milik pemerintah. Para korban dari sindikat ini juga banyak yang tidak sadar dirinya sudah menjadi korban mafia tanah.

Baca Juga: 2 Orang Jadi Tersangka Mafia Tanah Dinas Pertamanan dan Hutan, Ada Anak Buah Anies?

"Banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa dia adalah korbannya," beber Hengki.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol E Zulpan menyebut Polda Metro Jaya banyak menerima laporan polisi berkaitan dengan mafia tanah. Masih banyak pula korban yang belun melaporkan kasus ini ke kepolisian.

"Saat ini Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya sudah menerima belasan laporan yang menjadi korban mafia tanah. Tetapi disinyalir masih banyak korbannya," kata Zulpan.

Polda Metro Jaya menangkap 4 pejabat BPN Jakarta dan Bekasi terkait kasus mafia tanah pada Rabu (13/7/2022). Selain pejabat, Polda Metro juga menangkap 10 pegawai tidak tetap termasuk ASN dari jarigan mafia tanah tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X