Sempat Tertahan di Arab Saudi, 46 WNI Calon Haji Akhirnya Dipulangkan Gegara Ini

- Minggu, 3 Juli 2022 | 15:32 WIB
Jamaah calon haji antre masuk ke dalam bus saat pelepasan dan pemberangkatan jamaah haji. (ANTARA/Adeng Bustomi)
Jamaah calon haji antre masuk ke dalam bus saat pelepasan dan pemberangkatan jamaah haji. (ANTARA/Adeng Bustomi)

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut ada 46 warga negara Indonesia (WNI) yang tertahan di Imigrasi Arab Saudi tepatnya di bandara Jeddah. Mereka sedianya pergi untuk melaksanakan ibadah Haji, namun dipulangkan kembali ke Indonesia.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menyatakan, mereka tidak lolos proses imigrasi setelah diketahui bahwa visa yang dibawa tidak ditemukan dalam sistem imigrasi Arab Saudi.

Menurut pengakuan pihak travel, mereka menggunakan visa dari Singapura dan Malaysia untuk memberangkatkan 46 WNI tersebut.

Lebih lanjut, Hilman  prihatin dengan peristiwa tersebut. Karena travelnya juga bukan yang biasa memberangkatkan jemaah haji khusus, belum terdaftar di Kemenag sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PiHK).

“46 WNI ini tidak bisa masuk ke Saudi dan mereka dipulangkan kembali ke Indonesia,” terang Hilman dalam siaran persnya, Minggu (3/7/2022).

BACA JUGA: Penantian 12 Tahun Pupus, Pasutri Ini Gagal Naik Haji karena Usia dan Vaksinasi

Disinggung soal kemungkinan pihak Kemenag akan memproses kasus ini ke jalur pidana, Hilman menyatakan bahwa akan mendiskusikan kembali dengan pihak berwenang.

“Kami sudah mendiskusikan banyak hal. Dan ini menjadi perhatian kita semua. Mudah-mudahan nanti ada turunannya bagaimana konsep (visa) mujamalah, aturannya seperti apa," ungkapnya.

"Tentu karena ini terkait dengan pihak lain, setidaknya kami juga harus diskusi dengan pemerintah Saudi sejauh mana pengaturannya dan apakah bisa diatur oleh kita," tambah dia.

Selain itu Hilman berujar,  selain akan membuat turunan UU 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, ia juga akan mengoptimalkan peran PIHK dalam urusan visa mujamalah.

"Ini persoalan kompleks, harus kita dalami agar tidak terulang lagi. Kasian jemaah," tandasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X