Partai Demokrat Gelar Rapimnas Mulai Besok, Bahas Koalisi hingga Capres

- Rabu, 14 September 2022 | 10:53 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Partai Demokrat bakal menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada tanggal 15-16 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta. Rapimnas itu diselenggarakan untuk menampung aspirasi kader dalam rangka menyambut Pemilu 2024.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan, Ketua Umum partai, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), beserta jajaran petinggi partai lainnya di Pusat akan mendengarkan masukan-masukan dan mendalami aspirasi yang akan disampaikan tiga ribuan lebih para pimpinan Partai Demokrat dari seluruh Indonesia.

“Masukan-masukan ini tentunya sangat berharga dan diperlukan oleh Partai Demokrat dalam menentukan langkah ke depannya menuju Pilpres dan Pileg 2024,” kata Herzaky dalam siaran pers, Rabu (14/9/2022).

Herzaky menekankan bahwa AHY dalam berbagai kesempatan mengingatkan para kader soal perubahan, perbaikan nasib bangsa dan negara. Hal ini hanya akan terwujud jika Demokrat masuk dalam pemerintahan, apalagi bisa memimpin Indonesia di tahun 2024 dan ke depannya. 

Karena itulah, Demokrat dalam menjalin koalisi dan menentukan calon presiden dan calon wakil presiden harus mempertimbangkan secara mendalam dan komprehensif. 

Baca Juga: Elektabilitas Anies Buat Nyapres Dinilai Tak Bakal Turun Usai Diperiksa KPK

“Berbicara mengenai Pilpres 2024, berarti berbicara mengenai nasib bangsa dan negara ini minimal lima tahun ke depan. Berbicara mengenai nasib 270 jutaan rakyat Indonesia,” tutur Herzaky.

Ia berkata dengan adanya ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen, membuat Demokrat harus berkoalisi dengan parpol-parpol parlemen lainnya. Diketahui kini Demokrat baru memiliki 9.36 persen kursi parlemen.

Herzaky menerangkan dalam Rapimnas nanti akan membahas soal arah koalisi Partai Demokrat. Termasuk dengan Nasdem dan PKS  yang belakangan ini sedang intens berkomunikasi.

“Apakah dalam rapimnas ini akan ada keinginan untuk berkoalisi dengan parpol mana saja, termasuk dengan Nasdem dan PKS yang selama ini sering disebut-sebut, sangat mungkin untuk dibahas dan direkomendasikan seperti apa jalan yang akan ditempuh oleh Partai Demokrat,” tutur Herzaky.

Sementara, perihal apakah ada nama capres dan cawapres yang mengerucut untuk diusung Partai Demokrat, itu tergantung dari masukan-masukan dan rekomendasi dari para pimpinan Partai Demokrat peserta rapimnas. 

“Suara dan harapan konstituen Partai Demokrat dari seluruh pelosok Indonesia tentunya bakal menjadi salah satu pertimbangan utama dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X