Wamenkumham Targetkan RKUHP Beres Akhir Tahun Ini

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 11:19 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej (tengah). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej (tengah). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej menargetkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) bisa selesai pada akhir tahun ini.

Wamenkumham berkata, saat ini pihaknya sedang mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk melibatkan masyarakat dalam proses perancangan undang-undang tersebut.

“Kami ini kan melaksanakan instruksi Presiden bahwa di satu sisi jangan tergesa-gesa melibatkan publik. Tapi di sisi lain ya kami berusaha semaksimalkan mungkin akhir tahun ini bisa disahkan akhir tahun ini,” tegas Edward dikutip Selasa (30/8/2021).

Edward mengungkap alasan mengapa RKUHP ditargetkan beres pada tahun ini, lantaran di tahun 2023 sudah ramai dengan hiruk pikuk tahun politik menjelang Pemilu 2024.

Baca Juga: 18 Pasal Karet RKUHP Ancam Kebebasan Berpendapat, Dewan Pers: Ini Harus Dihapus

“Karena tahun depan sudah agak repot dengan tahun politik menjelang Pemilu,” tuturnya.

Ia juga bilang sekarang ini pemerintah terus melakukan dialog publik, semisalnya elemen dari mahasiswa dan termasuk juga Dewan Pers. Bahkan menurutnya, Dewan Pers memberi masukan untuk pasal-pasal yang dianggap dapat berpotensi mengancam kebebasan pers.

“Jadi Dewan Pers itu meminta ada masukan beberapa kata, terkait pasal-pasal yang dianggap Dewan Pers berpotensi untuk menghalangi kebebasan Dewan Pers, dan karena itu tidak merubah substansi, tapi menginsert beberapa kata saya kira usulan itu menarik untuk kita pertimbangkan,” tuturnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X