Pemanasan Global Picu Beragam Bencana Alam, Ini Kata Pj Gubernur DKI Jakarta

- Kamis, 10 November 2022 | 15:48 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 ke-77. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)
Pj Gubernur DKI Jakarta saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 ke-77. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Harotono mengatakan, salah satu ancaman dan tantangan yang dihadapi saat ini, yakni pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih. 

Hal tersebut, Heru katakan saat bertindak menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 ke-77 yang di gelar di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022).

"Kesiapsiagaan menghadapi bencana alam harus senantiasa diperjuangkan bersama dengan kesungguhan, marilah bergerak dan maju bersama," ujar Heru.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Heru Minta Atasi Kemacetan Jakarta hingga Jalan Satu Arah

Untuk itu, Heru menegaskan agar terus mengembangkan dan memanfaatkan energi baru dan terbarukan. Di antaranya melakukan upaya pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi memperkuat keragaman pangan.

"Kemudian, mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan kehidupan generasi kini dan mendatang," sambung Heru.

Menurut Heru, semangat mengembangkan energi baru terus dilakukan dari Aceh hingga Papua dalam mengelola kekayaan alam Indonesia agar siap menghadapi pemanasan global.

"Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat, serta semangat untuk bangkit, meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya, mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa," tambah Heru.

Dalam upacara tersebut Heru juga mengajak masyarakat untuk merenung dalam menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka. 

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Heru Minta Atasi Kemacetan Jakarta hingga Jalan Satu Arah

"Perjuangan ini penting untuk diresapi semangat dan keikhlasannya," ujar Heru.

Menurutnya, semangat perjuangan para pahlawan dalam menghadang musuh dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia harus dijadikan teladan.

"Selamat hari pahlawan 2022, pahlawanku teladanku. Tadi sudah kita adakan kegiatan memperingati hari pahlawan, ya mudah-mudahan keteladanan pahlawan bisa kita lanjutkan dengan semangat tentunya tantangan lebih berat lagi ke depan," pungkas Heru.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X