5 RT di Jakarta Utara Terdampak Banjir Rob

- Sabtu, 26 November 2022 | 14:48 WIB
Ilustrasi banjir (Freepik/Storyset)
Ilustrasi banjir (Freepik/Storyset)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan rilis periode 22 hingga 28 November 2022, terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir dan pesisir (rob) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta. Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, terdapat satu ruas jalan tergenang dan lima RT terdampak banjir rob.

Berdasarkan hasil catatan dari BPBD DKI Jakarta, terdapat lima RT yang terdampak banjir ROB yang terdiri dari Kelurahan Marunda dengan wilayah terdampak satu RT serta ketinggian mencapai 30cm. Serta, banjir rob juga terjadi di Kelurahan Pluit dengan wilayah terdampak empat RT dengan ketinggian mencapai 20 sampai 25cm.

Selain itu, terdapat satu ruas jalan yang juga terdampak banjir, yaitu berada di Jalan Lorong M RT013 RW08, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, dengan ketinggian mencapai 25 sentimeter.

-
Ilustrasi banjir (ANTARA)

Baca Juga: BPBD DKI Keluarkan Peringatan Waspada Banjir ROB di Wilayah Pesisir Jakarta

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, menyatakan telah memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Dia berkoordinasikan dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat" ujar Isnawa melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/11/2022).

"Untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," sambung Isnawa.

Isnawa menyatakan, telah menargetkan banjir surut dalam waktu cepat. Isnawa juga menghimbau masyarakat DKI Jakarta, agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

Baca Juga: BPBD DKI: Waspada Banjir Rob di Pesisir Jakarta 11-17 Juni 2022

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkas Isnawa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X