The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Langgar PSBB, Pemprov DKI Sesalkan Ada Kerumunan Warga saat Penutupan McD Sarinah
Pengunjung antre membeli makanan cepat saji McDonald's, kompleks pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Minggu (10/5/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
News

Langgar PSBB, Pemprov DKI Sesalkan Ada Kerumunan Warga saat Penutupan McD Sarinah

Kita menegur keras.

Senin, 11 Mei 2020 18:22 WIB 11 Mei 2020, 18:22 WIB

INDOZONE.ID - Adanya seremonial penutupan gerai McDonald's Sarinah Jakarta Pusat pada Minggu (10/5/2020) malam memicu terjadinya kerumunan massa. Hal ini menyalahi aturan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibu Kota dalam rangka menekan penularan wabah virus corona (Covid-19). 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta, Arifin, mengaku telah menegur keras penyelenggara, yakni pengelola McD legendaris ini. Namun, Arifin tidak bisa memberi sanksi lantaran tempat tersebut lantara sudah tutup permanen.

"Kita menegur keras, kita menegur pihak penyelenggara kegiatan itu karena seharusnya enggak perlu lagi ada kegiatan yang sifatnya seremoni. apalagi itu kan di pinggir jalan," kata Arifin di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Arifin mengungkapkan, sejak awalnya pihaknya memang tidak mengetahui adanya perkumpulan massa tersebut. Sepengetahuan pihaknya, acara ini tak banyak masyarakat dan hanya beberapa pegawai saja yang mengikuti acara ini.

mcd sarinah, penutupan mcd sarinah, satpol pp dki,
Pengunjung berfoto di depan gerai makanan cepat saji McDonald's, kompleks pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Minggu (10/5/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Namun, karena posisi McD ini berada persis di pinggir jalan dan rencana penutupan ini sudah tersebar luas, seremonial ini tiba-tiba diserbu massa yang hendak menyaksikan acara penutupan ini. Arifin mengaku, langsung mengirim personil ke lokasi untuk membubarkan kerumunan tersebut.

"Karena itu kegiatan di jalan sehingga orang ikut berkerumun. Nah, karena banyak orang, muncullah di beberapa viral di beberapa medsos. Nah kemudian kita dapet laporan, maka kemudian Satpol PP meluncur ke lokasi untuk membubarkan kerumunan itu," ujarnya.

Sisi lain penutupan McDonald's Sarinah rupanya sangat penting bagi sebagian orang, terutama yang berada di Jakarta.

Seolah tak rela kedai makanan itu tutup, ratusan orang berkerumun di halaman Gedung Sarinah, Thamrin, untuk merekam momen penutupan gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu, Minggu malam (10/5/2020).

Dalam video yang diunggah oleh akun @lambe_turah, terlihat muda-mudi berkumpul dengan jarak yang cukup dekat. Mereka merekam dan memfoto proses penutupan gerai McDonald's Sarinah dengan ponsel pintar masing-masing, layaknya kerumunan orang yang sedang menonton konser.

mcd sarinah, penutupan mcd sarinah, satpol pp dki,
Karyawan menggotong patung maskot McDonald's di kompleks pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Minggu (10/5/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Video tersebut pun menuai kecaman dari netizen. Mereka menyayangkan sikap penduduk ibu kota yang demikian.

"Orang kota tapi gini, engga malu sama orang desa yang diem dirumah?? Bersin 1 tumbuh 1000," komentar @ramadhanputra07.

"Demi instastory, norak banget njir," kata @indracohen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Murti Ali Lingga
JOIN US
JOIN US