Demi Kesehatan, Sebaiknya Hangout dengan Teman 2 Kali Seminggu

- Selasa, 18 Juni 2019 | 10:48 WIB
Ilustrasi/Unsplash
Ilustrasi/Unsplash

Terkadang, sibuk bekerja seringkali membuatmu jadi jarang hangout dengan teman, sahabat ataupun keluarga. Sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Oxford menyatakan bahwa hangout dengan teman dekat atau keluarga 2 kali seminggu bermanfaat untuk kesehatan mental, emosional dan fisik.

Penelitian itu juga membuktikan kalau orang yang mempunyai banyak teman jarang sakit dan lebih mudah sembuh jika sakit bahkan usai melakukan operasi. "Untuk kedua jenis kelamin, memiliki jaringan sosial yang besar dan terintegrasi dengan baik memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan emosional," ujar profesor psikologi evolusi Dr. Robin Dunbar.

Dr. Dunba dan pengamat sosial Danny Wallace, juga melakukan eksperimen sosial. Dalam eksperimen tersebut, mereka melibatkan lima responden yang semuanya berteman dan semuanya merupakan penggemar sepak bola.

Kemudian, kelima responden tersebut diminta untuk melakukan dua kegiatan. Satu dari kegiatan tersebut adalah memainkan permainan sepak bola secara virtual satu sama lain dari jarak jauh. Setelah itu, mereka akan mengisi survei tentang bagaimana perasaan mereka usai melakukan kegiatan tersebut.

Kemudian, pada kegiatan kedua, mereka bermain sepak bola di kehidupan nyata dan dilanjutkan dengan mengisi survei. Ternyata sepakbola di dunia nyata menghasilkan ikatan yang lebih kuat dibandingkan dengan pengalaman bermain sepakbola secara virtual. Artinya, interaksi dengan sesama manusia akan menciptakan ikatan yang lebih kuat.

Menurut Dunbar, pria biasanya mempunyai empat atau lima sahabat dekat. Sementara itu, wanita hanya fokus pada satu orang yang mereka anggap sebagai Best Friend Forever. "Ada kualitas dalam persahabatan yang bisa kita anggap sebagai teman yang sangat dekat, teman dekat, teman baik atau hanya sekadar teman," ungkap Dunbar.

Intinya, setiap manusia harus memiliki teman dalam hidupnya. Dengan begitu, seseorang jadi lebih bisa mengatasi stres lantaran mempunyai teman untuk bercerita atau curhat. Dunbar menyarankan agar persahabatn awet, bertemulah setidaknya 2 kali seminggu.

"Dan kunci untuk mempertahankan persahabatan yang kuat adalah bertemu dua kali seminggu serta melakukan hal-hal yang menyenangkan dengan orang yang paling dekat denganmu," ujarnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X