Pasca Banjir, Anies Perbolehkan Warga Kembali Ke Rumah

- Jumat, 3 Januari 2020 | 20:28 WIB
Gubernur Jakarta Anies Baswedan memantau dapur umum di Rusun Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (3/1/2020). (Photo/ANTARA/Livia Kristianti)
Gubernur Jakarta Anies Baswedan memantau dapur umum di Rusun Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (3/1/2020). (Photo/ANTARA/Livia Kristianti)

Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI Jakarta tidak melarang warga yang ingin kembali ke rumah pascabanjir karena lambat laun air banjir menyurut meski ada peringatan cuaca ekstrim dari BMKG hingga 10 Januari mendatang.

"Begini pada prinsipnya pemerintah tidak melarang warga kembali ke rumahnya karena rumahnya tidak berisiko. Warga bisa kembali. tidak ada larangan. Apalagi sehabis banjir, tentu masyarakat punya keinginan untuk segera membersihkan rumahnya," kata Anies di Rusun Lokbin Rawa Buaya, Jumat (3/1/2020).

Pemprov DKI juga menyediakan karbol dan disinfektan secara gratis bagi masyarakat yang akan membersihkan rumahnya.

"Kita akan berikan info secara dini kepada masyarakat untuk itu," kata Anies.

Anies juga mengatakan targetnya saat ini mengembalikan masyarakat secepatnya ke rumahnya masing-masing dari pengungsian dan tetap menjaga kesehatan masyarakat yang masih berada di pengungsian.

"Saya sampaikan ke seluruh jajaran selama masih ada warga di pengungsian, selama fasilitas umum belum kembali seperti semula, maka kita masih kerja secara all out," kata Anies.

Ia juga berharap agar masyarakat Jakarta lainnya yang tidak terdampak banjir turut membantu setidaknya dalam bertutur kata di media sosial.

"Total 15 persen dari kawasan Jakarta yang terdampak banjir. Ini yang harus kita perhatikan. Kita yang 85 persen tidak terdampak banjir tolong membantu meringankan, minimal dalam percakapan. Apalagi dalam perbuatan. Gitu ya," tutup Anies.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X