Wali Kota Malang Bikin Ekskul Antikorupsi Untuk Anak SD

- Selasa, 23 Oktober 2018 | 08:15 WIB
(photo/fajar.co.id)
(photo/fajar.co.id)

Wali Kota Malang Sutiaji berencana membuat program ekstrakurikuler antikorupsi pada anak SD. Program ini bertujuan agar sikap tersebut tertanam sejak dini pada generasi bangsa di Malang.

"Insyaallah akan menjadi pilot project ya, berkaitan dengan pendidikan karakter. Karena, hemat saya, ada dua pendidikan karakter, tapi untuk sekolah SD ekskulnya pendidikan antikorupsi. Nanti dibuatkan kurikulum kombinasi antara yang sudah dilakukan dari teman-teman penindakan. Pencegahan korupsi akan kami lakukan, sandingkan dengan yang lokal," ujar Sutiaji seusai konferensi pers Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018) melansir Detikcom.

Selain eksul tersebut, ia juga akan membuat narasi antikorupsi untuk anak usia dini hingga menengah. Pendidikan karakter ini diketahui sudah berjalan 1 tahun. Sehingga anak kelas I dan II SD di Malang sudah mendapatkan pendidikan karakter antikorupsi.

"Kalau pendidikan karakter tadi saya lakukan kelas I dan kelas II, kami uji cobakan tidak ada baca-tulis, hanya khusus bagaimana ngantre, bagaimana tata cara menghormati orang tua. Terus ada sebaran uang, memang sengaja kita buang tapi anak ini tidak mengambil. Kita ajak ke mal-mal bagaimana caranya membiarkan anak begitu saja, tapi kita awasi," jelasnya.

Selain itu mereka juga menyuruh anak SD dan SMP untuk membuat biografi mereka sendiri. Hal ini supaya pihak sekolah mengetahui kemana arah dan bakat anak-anak didiknya.

"Jadi mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, berkaitan dengan pendidikan karakter anak, kita rekam ya anak ini cita-cita apa sih, ada anak yang cita-citanya dari SMP, TK ke SD sudah berubah, dari SD ke SMP berubah, tapi ada mulai SD mulai TK sampai nggak berubah, oh berarti anak ini yang dikembangkan dari sisi bakatnya ini, jadi ketahuan dan nanti kita sampaikan mungkin nanti konseling itu memudahkan," imbuhnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X