TNI Gunakan Pesawat Hercules Untuk Mengatasi Karhutla di Riau

- Senin, 12 Agustus 2019 | 20:50 WIB
(photo/ANTARA FOTO/FB Anggoro)
(photo/ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pesawat Hercules akan dikerahkan untuk water bombing di wilayah kebakaran hutan dan lahan di Riau. Hal ini dilakukan karena titik api dengan lokasi pengambilan air memiliki jarak yang jauh.

"Water bombing pun kita melihat mulai dari tempat air sampai dengan terjadinya kebakaran itu cukup jauh, sehingga kita juga ada upaya-upaya untuk bisa memadamkan itu dengan berbagai cara di antaranya adalah dengan mengarahkan pesawat Hercules untuk melaksanakan pengeboman dengan menggunakan bola air," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (12/8/2019).

Panglima Hadi menuturkan, rencana water bombing itu dilaksanakan secepatnya hingga bulan Oktober mendatang.

Dia juga menyampaikan, dirinya bersama dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri LHK Siti Nurbaya, dan Kepala BNPB Doni Monardo akan memeriksa titik-titik api di sekitar Pekanbaru.

"Rencananya dan upaya itu akan kita laksanakan dalam kurun waktu sampai dengan bulan Oktober ini. Untuk titik-titik api juga bisa kita selesaikan kita bisa mitigasi dengan baik, dan besok pagi kita akan melaksanakan peninjauan selama kurang lebih dua jam melihat wilayah yang terdampak," jelas Hadi.

Lebih lanjut Hadi menegaskan dirinya mendukung upaya Polri dalam melakukan penegakan hukum kepada pihak-pihak yag sengaja membakar hutan dan lahan.

Tak hanya itu, kepada pihak-pihak yang juga dinilai lalai dalam mengelola hutan dan lahan sehingga terjadi kebakaran yang merugikan masyarakat.

"Kami mendukung Kepolisian Republik Indonesia untuk yang pertama menegakkan hukum, yang kedua adalah dalam rangka kita membantu pemerintah daerah untuk memadamkan api," tegas Hadi.

Salah satu bentuk dukungan TNI membantu Polri untuk melakukan penegakan hukum adalah dengan mengerahkan helikopter untuk patroli.

"Apabila memang ditemukan oknum, kita segera koordinasi dengan kepolisian. Bahkan kita ke lapangan dengan kepolisian untuk bisa menangkap oknum tersebut," tandas Hadi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X