Bahaya Air Zamzam Masuk Koper Bagasi Pesawat
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
News

Bahaya Air Zamzam Masuk Koper Bagasi Pesawat

Akan berdampak sangat berbahaya.

Yulia Marianti
Jumat, 16 Agustus 2019 14:14 WIB 16 Agustus 2019, 14:14 WIB

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 melarang jamaah haji memasukkan air zamzam ke koper bagasi pesawat karena akan berdampak sangat berbahaya.

"Kenapa itu dilarang? karena itu akan membahayakan keselamatan penerbangan," kata Kepala Daerah Kerja Mekkah PPIH 2019, Subhan Cholid, di Kota Mekkah, Jumat (16/8/2019).

Menurutnya, air zamzam yang dimasukkan ke dalam koper tidak menggunakan pengaman yang bisa melindungi tempat air meskipun sudah dibungkus dengan rapi sehingga bisa menimbulkan kebocoran.

"Sementara di bawah bagasi itu terdapat ribuan kabel instalasi kabel di penerbangan itu, andaikata air itu menetes sampai ke situ, itu akan membahayakan penerbangan itu sendiri. Jadi larangan itu demi keselamatan penerbangan," katanya.

Ia meminta agar para jamaah tidak memasukkan air zamzam ke dalam koper karena akan menghambat seluruh proses pemulangan kloter dan bagi jamaah yang ingin membawa air zamzam lebih baik ditenteng.

"Kalau nanti di bandara diizinkan ya dibawa, kalau tidak diizinkan, dirinya sendiri yang mengeluarkan, tidak dilakukan secara paksa," katanya.

    TAG
    Editor Media