Sistem IT Masalah, Penerbangan Internasional Bandara Soetta Terganggu

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 14:58 WIB
Penumpang menunggu penerbangan mereka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten/Antara/Lucky R
Penumpang menunggu penerbangan mereka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten/Antara/Lucky R

Terminal 3 Soekarno-Hatta, mengalami gangguan sistem check-in pada Jumat (23/8/2019), sekitar pukul 03.30 WIB. Kondisi tersebut, membuat tiga penerbangan internasional mengalami gangguan akibat sistem IT.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang menegaskan, Terminal 3 memiliki sistem teknologi informasi yang dapat melakukan fast recovery sebagai kontingensi apabila terdapat gangguan, sehingga gangguan sistem check-in pada tiga penerbangan hari ini dapat cepat berfungsi normal kembali.

Kejadian mirip, pernah terjadi pada tahun 2012 dimana ribuan penumpang tidak bisa chek in secara online, memesan kursi penumpang, atau membeli tiket pesawat, setelah salah satu jaringan komputer utama di industri penerbangan mengalami kerusakan. 

Masalah ini juga berdampak pada sistem check in di bandara sehingga para staf harus secara manual memasukkan detail para penumpang ketimbang memindai paspor mereka. 

PT Angkasa Pura II memohon maaf atas terjadinya gangguan tersebut. Gangguan yang terjadi dalam hitungan jam ini, saat ini sudah kembali normal.

Seluruh sistem check-in sudah berfungsi penuh dan secara umum penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak terganggu. Begitu juga dengan penerbangan di Terminal 1 dan 2 yang beroperasi normal.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X