Otoritas Jepang Perintahkan Warga Mengungsi Karena Ancaman Banjir

- Rabu, 28 Agustus 2019 | 17:20 WIB
Mandatory credit Kyodo/via REUTERS
Mandatory credit Kyodo/via REUTERS

Otoritas Jepang merilis sebuah perintah untuk 240 ribu warga di kawasan barat daya untuk mengevakuasi diri karena adanya prediksi banjir dan tanah longsor yang akan terjadi.

Perintah ini keluar usai Badan Meteorologi Jepang merilis peringatan tingkat tinggi di beberapa wilayah Kyushu. Pejabat Badan Meteorologi, Yasushi Kajiwara menghimbau semua masyarakat untuk menyelamatkan diri.

-
INSTAGRAM @SYUHEI.U /via REUTERS

 

Yasushi memperingatkan semua orang untuk menyelamatkan diri terlebih bagi warga yang tinggal di derah rawan seperti Saga, Fukuoka, dan Nagasaki di utara Kyushu. Di sana hujan lebat sudah merenggut satu nyawa. Di Saga, seorang pria dilaporkan meninggal dunia dalam mobil yang terbawa arus banjir.

-
INSTAGRAM @SYUHEI.U /via REUTERS

 

Himbauan untuk menyelamatkan diri ini memang bersifat tidak wajib, meskipun pejabat-pejabat telah akan menyuruh warga untuk menyelamatkan diri.

-
ALAN RESENDES /via REUTERS

 

Tak hanya itu, cuaca buruk di Jepang juga menyebabkan gangguan jalur transpoortasi. Ini menyebabkan sebagian layanan kereta harus  dihentikan di utara Kyushu. Sejumlah kawasan juga dilanda tanah longsor karena hujan yang sangat lebat. Badan penanggulangan kebakaran dan bencana telah menerima laporan tentang rumah-rumah warga yang terendam banjir di prefektur Saga.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X