Trump Peringatkan Erdogan: 'Jangan Jadi Orang yang Bodoh!'

- Kamis, 17 Oktober 2019 | 14:33 WIB
Reuters/Leah Millis
Reuters/Leah Millis

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memperingatkan Presiden Turki Tayyip Erdogan dalam sepucuk surat soal serangan Turki ke Suriah. Trump menyebut agar Erdogan tidak menjadi orang yang keras atau orang yang bodoh.

Surat tersebut dirilis oleh Gedung Putih pada Rabu (9/10), saat Trump berjuang mengendalikan konflik politik menyusul keputusannya untuk menarik pasukan AS dari Suriah utara, sehingga membuka jalan bagi serangan Turki terhadap Kurdi.

AS berupaya merayu Erdogan untuk membatalkan keputusannya menyerbu Suriah.

"Mari kita bekerja dengan baik! Anda tidak ingin bertanggung jawab atas pembantaian ribuan orang, dan Saya tidak ingin bertanggung jawab atas hancurnya ekonomi Turki," kata Trump.

Trump sendiri memang tidak pernah memberi lampu hijau untuk menyerbu Suriah. Sejumlah anggota parlemen juga melayangkan krtikan terhadap Trunp karena keputusannya untuk memindahkan pasukan AS dari zona konflik tersebut.

"Saya telah bekerja keras untuk menyelesaikan beberapa masalah Anda. Jangan mengecewakan dunia. Anda mampu membuat kesepakatan yang luar biasa," tulis Trump dalam surat tersebut.

"Sejarah akan menatap Anda dengan baik jika melakukan ini dengan cara yang benar dan manusiawi. Dan sejarah selamanya akan memandang Anda sebagai iblis jika hal baik tidak terjadi. Jangan menjadi pria yang keras. Jangan menjadi manusia bodoh! Saya akan menghubungi Anda nanti," kata Trump.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X