India Lockdown, Ribuan Pekerja Mudik Jalan Kaki
Ribuan pekerja di India pulang ke desa akibat lockdown (REUTERS/Anushree Fadnavis)
News

India Lockdown, Ribuan Pekerja Mudik Jalan Kaki

Berjalan ratusan mil.

Minggu, 29 Maret 2020 22:49 WIB 29 Maret 2020, 22:49 WIB

INDOZONE.ID - Ratusan ribu pekerja di India memilih mudik dengan berjalan kaki setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan lockdown di New Delhi. Pasca dilakukan kebijakan lockdown, sejumlah bisnis-bisnis tutup di kota-kota India. 

Ribuan pekerja di Delhi, termasuk seluruh keluarganya, mengemas panci, wajan, dan selimut mereka ke dalam ransel. Beberapa di antaranya terlihat menggendong anak-anak mereka di pundak saat mereka berjalan di sepanjang jalan raya. 

Mereka berjalan ratusan mil demi sampai ke kampung halaman mereka karena tidak tersedianya lagi transportasi publik. Namun saat mereka mencapai perbatasan Delhi, banyak di antara mereka yang dipukul mundur oleh polisi.

lockdown, virus corona, india lockdown
Ribuan pekerja India memilih mudik saat lockdown (REUTERS/Anushree Fadnavis)

“Kamu takut penyakitnya, hidup di jalanan. Tetapi saya lebih takut kelaparan, bukan corona,” kata seorang warga bernama Papu (32), yang datang ke Delhi tiga minggu lalu untuk bekerja dan sekarang mencoba untuk kembali ke rumahnya di Saharanpur di negara bagian Uttar Pradesh, 125 mil jauhnya seperti dikutip dari New York Times, Minggu (29/3/2020).

Sebelumnya, kaum pekerja sudah melakukan protes lockdown pada Sabtu (28/3/2020). Mereka turun ke jalan-jalan di negara bagian selatan Kerala. Para pekerja mengatakan bahwa mereka belum makan berhari-hari. Pihak berwenang mendesak mereka untuk membubarkan diri demi keselamatan mereka sendiri, tetapi mereka mengabaikan perintah itu.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Susi Fatimah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US