292 Desain Ibu Kota Negara Masuk Tahap Evaluasi

- Senin, 2 Desember 2019 | 08:22 WIB
Ilustrasi Ibu Kota Negara. (Birkompu)
Ilustrasi Ibu Kota Negara. (Birkompu)

Sebanyak 292 karya peserta sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) berhasil masuk tahap evaluasi, dari total 755 orang peserta yang mendaftar di situs sayembaraikn.pu.go.id sejak tanggal 2 Oktober 2019 lalu. 

Sayembara itu sendiri bertujuan untuk memperoleh berbagai ide atau gagasan desain kawasan melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung pada bidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota, maupun disiplin ilmu lain yang terkait di Indonesia. 

"Kami berharap agar para peserta dapat mencurahkan gagasan-gagasannya untuk mentransformasikan setiap kriteria ke dalam bentuk desain kota yang kita impikan dan akan kita wujudkan bersama," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Senin (2/12). 

Untuk tahap selanjutnya, akan dilakukan evaluasi administrasi terhadap karya yang masuk mulai tanggal 2 hingga 6 Desember 2019. Selanjutnya proses penjurian akan dilakukan mulai tanggal 9 sampai dengan 13 Desember 2019 yang melibatkan 13 tim juri yang telah ditetapkan oleh Menteri PUPR. 

Ketua Dewan Juri adalah Imam Santoso Ernawi yang juga merupakan Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN dan Andy Siswanto selaku Wakil Ketua Praktisi Urban Desain. 

Anggota dewan juri yakni Gunawan Tjahjono (Arsitek), Wiendu Nuryanti (Arsitek, Budayawan & Ahli Pariwisata), Masjaya (Rektor Universitas Mulawarman), Rudy Soeprihadi Prawiradinata (Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas), Ridwan Kamil (Arsitek dan Ahli Urban Desain), Nyoman Nuarta (Pemahat Patung), Danang Priatmodjo (Ahli Rancang Kota/IARKI), Ikaputra (Arsitek/IAI), Denny Zulkaidi (Ahli Perencanaan Kota/IAP), Bintang A.Nugroho (Arsitek Lanskap), dan Daliana Suryawinata (Arsitek & Ahli Perancang Kota/Diaspora).

Setelah proses penjurian tahap 1 dan 2 akan dilakukan dengan proses penetapan pemenang yang berlangsung dari tanggal 16 hingga 20 Desember 2019. Penetapan pemenang sayembara akan diumumkan pada tanggal 23 Desember 2019. Selanjutnya pemberian hadiah akan dilaksanakan tanggal 27 Desember 2019.

Pemenang desain IKN nantinya adalah 3 pemenang utama dan 2 juara harapan yang akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total Rp5 miliar dan piagam penghargaan. 

Setiap pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah. pemenang I Rp2 miliar, pemenang II Rp1,25 miliar, pemenang III Rp1 miliar, harapan I Rp500 juta dan harapan II Rp250 juta.  

Konsep dari para pemenang sayembara tingkat nasional akan menjadi bagian dari kerangka acuan untuk Sayembara taraf internasional pada 1 Januari hingga 31 Maret 2020. Hasilnya akan dilakukan pengayaan rancangan kota hasil sayembara nasional oleh para ahli internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X