Jadi Ketua Wantimpres, Wiranto: Saya Paham Obsesi Kenegaraan Jokowi

- Senin, 16 Desember 2019 | 12:27 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2019-2024 Wiranto meminta doa restu masyarakat dalam menjalankan tugasnya. Dia berharap bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan itu mengatakan, tugas sebagai Wantimpres Jokowi tak akan mudah. Namun, dia yakin sudah punya modal untuk menjalankan tugas tersebut.

"Selama bertugas sebagai Menkopolhukam, saya selalu mendampingi beliau, paling tidak saya paham bagaimana obsesi kenegaraan beliau tentang Indonesia," ujar Wiranto saat proses serah terima jabatan Wantimpres di Jakarta, Senin (16/12).

Menurutnya, anggota Wantimpres harus benar-benar pandai mencari celah untuk memberikan masukan kepada Jokowi.

Pasalnya, Presiden Jokowi sudah memiliki instrumen yang cukup lengkap untuk mendapatkan pertimbangan. Selain ada para menteri, Jokowi juga memiliki lembaga atau instansi serta staf khusus yang bisa dimintai masukan.  

-
Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Dia mengatakan, Wantimpres saat ini diharapkan bisa menggunakan pengalamannya untuk memberi pertimbangan yang menyempurnakan misi kenegaraan Presiden Jokowi.

"Saya yakin itu bisa dilaksanakan," tutur Wiranto.
 

Nama Anggota Wantimpres

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi melantik sembilan nama yang menjadi Wantimpres untuk periode 2019-2024. Selain Wiranto yang menjabat Ketua Wantimpres, Presiden juga menunjuk nama-nama berikut:

-
Sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024. (Antara/Rangga Pandu Asmara Jingga)
  • Soekarwo (mantan Gubernur Jawa Timur) 
  • Arifin Panigoro (bos Medco Energi) 
  • Sidharto Danusubroto (politisi senior PDI Perjuangan) 
  • Mardiono Bakar (politisi senior PPP) 
  • Putri Kus Wisnu Wardani (bos Mustika Ratu) 
  • Dato Sri Tahir (bos Mayapada Group) 
  • Agung Laksono (politisi senior Golkar)
  • Habib Lutfi (Ketua MUI Jawa Tengah)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X