RS Darurat Virus Corona Wisma Atlet Isolasi 71 Pasien

- Selasa, 24 Maret 2020 | 18:24 WIB
Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Saleh Mustafa saat memberikan keterangan di RS Darurat Virus Corona Wisma Atlet. (Dok. Pendam Jaya)
Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Saleh Mustafa saat memberikan keterangan di RS Darurat Virus Corona Wisma Atlet. (Dok. Pendam Jaya)

Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Saleh Mustafa selaku Wapangkogasgabpad 4, membenarkan jika RS Darurat Covid-19 atau virus corona didatangi pasien pada Selasa (24/3/2020).

"Memang pasien yang datang cukup banyak, sementara ruangan masih terbatas, sehingga RS memberlakukan protokol social distancing. Agar jarak antar pasien pun harus diatur, sejak mulai dari tempat pendaftaran, agar dapat dibatasi antara pasien dan pengantar," jelasnya.

Terkait tenaga yang dilibatkan di RS ini, tercatat ada 94 tenaga dokter yang terdiri dari 48 dokter umum dan 48 dokter spesialis. Serta relawan tenaga medis sebanyak 430 orang dari TNI, 317 Polri dan 113 masyarakat sipil.

"Sampai dengan siang tadi, jumlah pasien 71 orang yang diisolasi, terdiri dari 32 pasien perempuan dan 39 pasien laki-laki. Namun yang mendaftar tadi 100 orang, namun karena masih dinyatakan sehat, dianjurkan untuk kembali ke rumah masing-masing," ungkapnya.

-
Suasana di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (24/3/2020). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Ia menambahkan, RS ini memberlakukan prosedur pengamanan dengan mengklasifikasi Kompleks Wisma Atlet menjadi beberapa zona yaitu, zona merah di tower 7 (ruang perawatan), zona kuning di tower 3 (tenaga medis) dan zona hijau di tower 1 (satgas). Sementara tower 6 dan 5 sebagai cadangan. 

"Untuk pengamanan dilakukan oleh 423 personil TNI dan 152 personil Polri, dimana selama 1x24 jam secara bergantian mengamankan semua zona yang telah kita tetapkan," pungkas Kasdam Jaya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X