Nagara Rimba Nusantara Menjuarai Sayembara Desain Ibu Kota Baru

- Senin, 23 Desember 2019 | 13:32 WIB
Nagara Rimba Nusantara jadi juara sayembara desain Ibu Kota Baru (Indozone/Sigit Nugroho).
Nagara Rimba Nusantara jadi juara sayembara desain Ibu Kota Baru (Indozone/Sigit Nugroho).

Konsep Nagara Rimba Nusantara keluar sebagai pemenang atau juara 1 dalam sayembara desain Ibu Kota Baru yang diselenggarakan Kementerian PUPR. Konsep Nagara Rimba Nusantara ini memiliki filosofi dasar, yaitu perwujudan dari Pancasila. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan ada lima pemenang dari total 755 orang yang mengikuti sayembara desain Ibu Kota Baru. Kelima pemenang itu terbagi dalam harapan II hingga sang juara.

Posisi harapan II diklaim oleh konsep Benua Rakyat Nusantara. Kemudian Harapan I dengan Zamrud Khatulistiwa, tempat III Kota Seribu Galur, posisi II adalah The Infinite City, dan Juara pertama adalah Nagara Rimba Nusantara.

"Saya bahagia, senang, tetapi terharu. Di ruangan ini kita membuat sejarah Indonesia karena kita akan mulai dengan pekerjaan yang besar, memindahkan Ibu Kota Negara," kata Basuki di kantornya, Senin (23/12). 

-
Nagara Rimba Nusantara jadi juara sayembara desain Ibu Kota Baru (Indozone/Sigit Nugroho).

Basuki memberikan apresiasinya kepada kelima peserta yang menjadi pemenang dalam sayembara desain Ibu Kota Baru. Menurut dia, berbagai desain yang dihasilkan itu merupakan konsep makro yang kemudian akan diteruskan lagi dalam detail engineering design (DED) sebelum nantinya diwujudkan dalam bentuk nyata. 

"Ini nanti desainnya akan didetilkan lagi, termasuk nanti bisa juga digabungkan antara yang juara ini untuk saling melengkapi," jelasnya. 

Menurutnya Basuki, desain itu merupakan langkah awal dalam rencana besar memindahkan Ibu Kota.

"Sekarang yang ada di ruangan ini lima besar. Saya bangga kepada yang sudah berperan, serta aktif dalam gagasan desain Ibu Kota Baru kita. Ini baru awal sejarah yang kita buat," jelasnya.

Terakhir, Basuki memohon maaf kepada peserta yang tidak terpilih, dan meminta mereka terus bersemangat dan berkarya lebih baik lagi.

"Mohon maaf apabila ada yang 'lho kok itu yang dipilih, bukan saya. Sekali lagi mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang memuaskan dan menyenangkan, tetapi keputusan juri tidak bisa diganggu gugat," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X