Apindo Dukung Rute Maskapai Asing Diperbanyak Untuk Tekan Harga Tiket

- Rabu, 5 Juni 2019 | 18:19 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
(photo/ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Ketum Asosiasi Pengusaha Indonesia, Hariyadi Sukamdani setuju jika rute maskapai asing ditambah di Indonesia. Hal ini bertujuan agar maskapai dalam negeri bisa bersaing dan menekan harga tiket pesawat.

"Tiket pesawat masih dirasakan mahal dan kami mendukung penuh inisiatif pemerintah untuk memperkenankan pesawat regional atau pesawat penerbangan asing untuk menambah rute domestiknya. Itu kami dukung penuh," tegasnya di acara open house Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warijyo, di Jakarta, Rabu (5/6).

Hariyadi juga menyorot dominasi maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air dalam penerbangan tanah air. Menurutnya kedua maskapai itu membuat harga tiket sulit menurun.

Hal itu jelas berdampak pada minat para pelancong lokal. Selain itu, okupansi hotel pun akan menurun terutama yang ada di daerah Timur seperti Sulawesi Selatan.

"Memang dominasi Garuda dan Lion terlalu besar, sehingga harga itu akan sulit terkoreksi karena mereka terlalu dominan," ujar dia.

Hariyadi menjelaskan, melonjaknya harga tiket pesawat tak hanya merugikan sektor pariwisata saja. Efek ini dipredikasi masih terasa setelah Lebaran karena permintaan tiket pesawat masih tinggi.

"Pengaruh harga tiket pesawat terkait Lebaran tidak begitu efek. Lebaran demand-nya tinggi. Tapi sesudah Lebaran baru terasa," ucapnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X