Anies Baswedan Mau Markas Kopassus Jadi Role Model Tata Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. (Pen Kopassus)
News

Anies Baswedan Mau Markas Kopassus Jadi Role Model Tata Kota

Ahok juga puji Markas Kopassus.

fauzi
Sabtu, 09 November 2019 12:37 WIB 09 November 2019, 12:37 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginginkan kawasan Cijantung, khususnya yang termasuk dalam wilayah Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Jakarta Timur, menjadi role model penataan wilayah dan penataan ruang di Ibukota.

Hal ini diungkapkan oleh Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. Menurutnya, keinginan tersebut disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkunjung ke Markas Kopassus pada 23 September 2019 lalu.

"Wilayah Cijantung ini ingin dijadikan role model. Jadi kemarin Pak Gubernur (DKI Jakarta) sempat ke sini (Markas Kopassus), dimana wilayah Cijantung ini ingin dijadikan role model penataan kota, mulai dari sungainya, pedestriannya kemudian tata ruangnya dan lainnya," kata Danjen Kopassus, Jumat (8/11).

Lanjutnya, terkait hal tersebut Kopassus sudah beberapa kali menggelar bakti sosial bersih-bersih dan upaya pelestarian lingkungan di Sungai Ciliwung yang melintas di belakang Markas Kopassus. Terbaru, menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai Cisadane Ciliwung (BWSCC), Kopassus menggelar kegiatan 'Ciliwung Beranda Depan Rumah Kita' pada 28 September 2019 lalu.

sungai ciliwung, kopassus, kali ciliwung
Bersih-bersih bantaran Sungai Ciliwung. (Pen Kopassus)

"Kita mulai dari Sungai Ciliwung, bagaimana menata sungai ini menjadi bermanfaat, bukan tempat sampah, tempat buangan. Kita sosialisasikan sambil mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai, sehingga sungai bisa memberikan manfaat. Jangan sampai tiap tahun kita kebanjiran," tandasnya.

Ia menambahkan, berbagai program penataan lingkungan, termasuk di Sungai Ciliwung harus melibatkan berbagai komponen dan lapisan masyarakat, utamanya mereka yang ada di bantaran sungai, agar hasilnya bisa maksimal dan sesuai harapan.

sungai ciliwung, kali ciliwung, kopassus, daur ulang sampah
Penimbangan sampah yang dikumpulkan dari bantaran Sungai Ciliwung. (Pen Kopassus)

Jauh sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga sempat memuji kebersihan dan keindahan lingkungan di Markas Kopassus. Ahok yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta secara khusus memuji toilet yang ada di Markas Kopassus, baik toilet yang ada di gedung markas hingga toilet di lapangan dan lapangan tembak tempat prajurit berlatih.

"Coba lihat toilet Kopassus nih, wangi. Ini toilet di Pemda (DKI Jakarta) udah abisin berapa miliar, baunya tetap minta ampun. Jadi memang kedisiplinan penting. Tolong dijaga baik juga nih pohon hijaunya," kata Ahok saat mengunjungi Markas Kopassus 17 Juni 2015 silam.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU