The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kebakaran Hutan Makin Parah, Australia Umumkan Keadaan Darurat
Kebakaran hutan di Australia. (Reuters)
News

Kebakaran Hutan Makin Parah, Australia Umumkan Keadaan Darurat

Senin, 11 November 2019 14:44 WIB 11 November 2019, 14:44 WIB

INDOZONE.ID - Dua negara bagian Australia telah mengumumkan keadaan darurat akibat kebakaran hutan yang membawa ancaman bencana ke daerah-daerah berpenduduk padat di timur negara itu.

Dilansir dari Reuters, Minggu (10/11) kebakaran tersebut telah menewaskan tiga orang dan ribuan orang lainnya terlantar. Para petugas juga memperingatkan kondisi bencana kebakaran, termasuk di sekitar kota Sydney.

Para pejabat mengatakan bahaya terburuk akan datang pada Selasa (12/11) untuk daerah-daerah di sekitar Sydney, kota terbesar di negara itu.

Kondisi di wilayah Hunter, Utara Sydney, juga dikategorikan sebagai bencana. Daerah tersebut memiliki tingkat bahaya kebakaran hutan tertinggi. Sementara daerah lain juga memiliki prediksi kebakaran yang juga tinggi.

Sementara dilansir BBC, di New South Wales (NSW) api telah membakar 970.000 hektare lahan dan menghancurkan 150 rumah. Otoritas pendidikan mengatakan lebih dari 40 sekolah di NSW akan ditutup pada Senin (11/11) karena kebakaran.

Lebih jauh ke utara di Queensland, lebih dari 50 kebakaran juga terjadi pada hari Minggu (10/11). Dua kebakaran diantaranya dikategorikan sebagai kondisi darurat.

"Semua orang harus waspada di mana pun anda berada dan semua orang harus menanggung yang terburuk," kata Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian, Senin (11/11).

Pemerintah konservatif Australia telah menolak untuk menanggapi apakah perubahan iklim telah berkontribusi pada kebakaran hutan, dalam tanggapan yang telah menuai kritik.

"Satu-satunya pikiran saya hari ini adalah dengan mereka yang kehilangan nyawa dan keluarga mereka," kata Perdana Menteri Scott Morrison, Minggu (10/11)

Otoritas pemadam kebakaran NSW telah mengeluarkan tingkat maksimum peringatan untuk pertama kalinya sejak peringatan kebakaran baru diperkenalkan satu dekade lalu, setelah bencana mematikan Black Saturday di Australia.

Peringatan malapetaka ditetapkan untuk seluruh wilayah Sydney yang lebih luas dan wilayah di utara dan selatan kota.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US