Viral Video Petugas Medis Dilempari Batu Bawa Jenazah Pasien Corona: Hei Kita Juga Manusia

- Jumat, 3 April 2020 | 13:01 WIB
Petugas berpakaian hazmat tampak dilempari warga, begitu juga iring-iringannya harus dikawal TNI. (Facebook/Raden Arba'in)
Petugas berpakaian hazmat tampak dilempari warga, begitu juga iring-iringannya harus dikawal TNI. (Facebook/Raden Arba'in)

Saat petugas medis dilempari oleh warga saat membawa jenazah pasien positif virus corona atau COVID-19.

Ini dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap jenazah yang dimakamkan di wilayah mereka di daerah banyumas.

Penolakan muncul dari warga. Mereka meminta agar jenazah dipindahkan karena khawatir berdampak terhadap kesehatan masyarakat sekitar.

Peristiwa pun direkam, hingga videonya viral di media sosial.

Dalam perjalanan, warga melempari tenaga medis dengan batu saat sedang membawa jenazah pasien Covid-19 di sebuah pemakaman di desa setempat.

"Hey jangan lempar batu, kita juga manusia gih," teriak petugas sambil membawa jenazah di atas tandu untuk dimasukkan ke dalam mobil ambulans.

Tidak sampai di situ, iring-iringan mobil ambulans yang dikawal oleh personil TNI juga mendapat teriakan warga. Mereka melakukan unjuk rasa terkait pemakaman pasien meninggal akibat COVID-19.

Bahkan sebagai bentuk penolakan itu, makam jenazah korban virus corona terpaksa dibongkar kembali karena warga menolak. 

Video pembongkaran makam itu juga viral di media sosial. 

Tampak Bupati Banyumas Achmad Husein marah kepada warga yang menolak pemakaman jenazah virus corona viral di media sosial.

"Saya Bupati nggali sendiri. Virusnya nggak ada," kata Achmad Husein saat menenangkan kerumunan warga yang datang ke pemakaman.

Namun warga dalam video itu berdalih melakukan penolakan itu karena mereka ingin sehat, dan desa mereka dijauhkan dari wabah corona yang mungkin akan terjadi.

"Iya makanya itu, ikuti saya," jawab Bupati banyumas dalam video.

Pasien meninggal akibat corona itu sebelumnya menjalani isolasi di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X