Bisakah Virus Corona Menular dari Tetesan Air Mata?

- Sabtu, 28 Maret 2020 | 10:45 WIB
Ilustrasi tetesan air mata. (Unsplash)
Ilustrasi tetesan air mata. (Unsplash)

Seperti yang dipaparkan oleh para peneliti, virus corona (COVID-19) disebut bisa menyebar lewat percikan ludah yang dikeluarkan ketika batuk atau bersin.

Lalu, bisakah virus menular melalui cairan tubuh seperti tetesan air mata?

Sebuah studi dalam jurnal Ophthalmology, mengungkapkan bahwa seseorang tak bisa tertular virus corona lewat tetesan air mata.

Dokter mengatakan, memang banyak pasien virus corona memiliki mata merah (konjungtivitis). 1% hingga 3% pasien yang mengalami mata kemerahan, kemungkinan disebabkan karena infeksi.

-
Ilustrasi tetesan air mata. (health.clevelandclinic)

Para peneliti telah melakukan penelitian untuk membuktikan apakah tetesan air mata bisa menyebarkan virus atau tidak. Para peneliti mengambil sampel air mata dari 17 pasien terinfeksi corona. Hasilnya, air mata pasien tidak berkaitan dengan virus corona.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa cairan dari hidung dan tenggorokan memiliki kandungan virus yang cukup tinggi. Artinya, cairan yang berasal dari hidung dan tenggorokan sangat memungkinkan untuk menyebarkan virus.

Mereka yang sakit bisa menularkan virus ke udara dengan berbicara atau batuk. Hal senada juga dikatakan oleh WHO.

"Orang-orang juga dapat tertular Covid-19 jika mereka menghirup percikan cairan dari orang dengan Covid-19 yang batuk atau mengembuskan tetesan," demikian peryataan WHO.

Oleh karena itu, social distancing sangat penting diterapkan, terutama untuk orang-orang yang sedang sakit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X