Jokowi Tawarkan Labuan Bajo ke Singapura

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 08:50 WIB
Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, di Singapura. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)
Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, di Singapura. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Indonesia dan Singapura sepakat kembali memperkuat kerja sama. Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan stabilitas dan pengembangan ekonomi di kawasan.

"Indonesia menawarkan berbagai peluang kerja sama pendanaan proyek-proyek infrastruktur, di antaranya proyek kereta api Makassar-Parepare dan lapangan udara di Labuan Bajo," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Annual Leaders Meeting, di The Istana, Singapura, pada Selasa (8/10).

Selain tawaran tersebut, Jokowi dan Lee Hsien Loong menyaksikan penandatanganan dua nota kesepahaman (MoU) yang disepakati Indonesia dan Singapura terkait pertukaran data elektronik untuk memfasilitasi dan mengamankan perdagangan serta bidang pendidikan vokasional. 

Di kawasan Wisata Labuan Bajo pemerintah bakal memperbaiki jalan dan trotoar ruas jalan Soekarno Hatta Atas dan Bawah, penataan kawasan Puncak Waringin, Batu Cermin, Kampung Baru, Bukit Pramuka, serta Kawasan Rinca. 

Paling tidak tahun 2020, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dan PUPR, mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,6 triliun. Terdiri dari anggaran Kemenhub sebesar Rp2,9 triliun, dan anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp1,7 triliun untuk percepatan lima kawasan wisata tersebut. 

Sejak tahun 2014 sampai dengan 2018, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami peningkatan dua kali lipat lebih.  Rinciannya, tahun 2014 berjumlah 80 ribu orang, tahun 2018 sebanyak 170 ribu orang lebih. 

Dari jumlah tersebut rata-rata 60 persen merupakan wisatawan mancanegara.  Kawasan Taman Nasional Komodo, terdiri dari 147 pulau. Lima pulau masuk kategori besar dan jadi daya tarik wisatawan, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, Nusa Kode, dan Gili Motang. Total kawasan ini, 137 ribu hektare dan 60 persen adalah perairan. 

"Terima kasih Perdana Menteri Lee, mari kita bekerja sama untuk kemakmuran dua negara dan masyarakat kita," ujar Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X