Penerbangan Dibuka Kembali, KKP Perketat Pemeriksaan

- Senin, 11 Mei 2020 | 09:04 WIB
Petugas medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta melakukan rapid test. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Petugas medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta melakukan rapid test. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memperketat pemeriksaan terhadap penumpang pesawat, khususnya ketika jalur penerbangan domestik dan internasional dibuka kembali untuk keperluan khusus sejak 10 Mei 2020 kemarin. 

Sebagaimana diketahui, salah satu bandara yang paling disorot di Indonesia yakni Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Sebab, beberapa hari lalu di bandara tersebut ditemukan 11 penumpang yang ketika dilakukan tes cepat (rapid test) diketahui berstatus reaktif. 

Kepala KKP Bandara Soetta, Anas Ma'ruf mengatakan, pihaknya saat ini telah memperketat pemeriksaan terhadap penumpang. Menurut Anas, tercatat lima pemeriksaan harus dilewati oleh para penumpang, khususnya yang berasal dari luar negeri dan zona merah pandemi virus corona (Covid-19). 

"Semua WNI yang pulang ke Tanah Air dilakukan pertama wawancara atau penyelidikan epidemiologi, pengamatan tanda gejala, periksa ulang suhu, periksa nadi dan sturasi oksigen serta periksaan rapid test," jelas Anas kepada Indozone, saat dihubungi pada Senin (11/5/2020).  

Anas mengungkapkan, temuan 11 orang dengan hasil tes reaktif itu berada pada terminal kedatangan internasional. 11 orang tersebut adalah WNI repatriasi. 

"Jumlah total sejak April 2020 sampai dengan saat ini, sudah lebih dari 40 orang yang pada tes cepat hasilnya reaktif," jelasnya. 

"Temuan ini karena hasil ketatnya pemeriksaan," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X