Khawatir dengan Virus Corona, KTT ASEAN di Vietnam Ditunda

- Jumat, 20 Maret 2020 | 01:18 WIB
File foto. Konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Thailand (23/6/2019). (photo/REUTERS/Athit Perawongmetha)
File foto. Konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Thailand (23/6/2019). (photo/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN, yang rencananya akan berlangsung di Vietnam pada awal April terpaksa harus ditunda.

KTT tersebut akan ditunda sampai akhir Juni karena kekhawatiran terkait virus corona, kata Kementerian Luar Negeri Vietnam, Kamis.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc telah menginformasikan penundaan itu kepada para pemimpin negara-negara anggota ASEAN, kata kementerian.

KTT ke-36 ASEAN tadinya akan diselenggarakan pada 6-9 April di Vietnam, negara yang menjadi ketua tahun ini.

Keputusan penundaan muncul setelah Vietnam pada 17 Maret mengumumkan bahwa negara itu akan memberlakukan kewajiban karantina bagi semua pengunjung dari Amerika Serikat, Eropa dan negara-negara ASEAN.

Vietnam juga menangguhkan pemberian visa bagi semua warga negara asing.

Wabah virus corona, yang telah membunuh hampir 9.000 orang di seluruh dunia dan hingga Kamis menjangkiti 76 orang di Vietnam, juga membuat pertemuan ASEAN dengan Amerika Serikat dibatalkan. Pertemuan ASEAN-AS itu sebelumnya dijadwalkan dilangsungkan pada 14 Maret.

ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara), terdiri dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X