Indonesia Dihantam Kekeringan, 7 Provinsi Masuk Siaga Darurat

- Selasa, 23 Juli 2019 | 11:50 WIB
Sejumlah anak memanfaatkan areal persawahan yang terdampak kekeringan untuk bermain bola di Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/7/2019). (ANTARA/Raisan Al Farisi)
Sejumlah anak memanfaatkan areal persawahan yang terdampak kekeringan untuk bermain bola di Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/7/2019). (ANTARA/Raisan Al Farisi)

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan ada tujuh provinsi berstatus siaga darurat kekeringan yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

Tujuh provinsi itu adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Jawa Timur merupakan wilayah yang paling banyak berstatus siaga darurat. BNPB mencatat 25 kabupaten krisis air di provinsi tersebut. 

"Data BNPB per 22 Juli 2019, menunjukkan ada 55 kabupaten dari tujuh provinsi berstatus siaga darurat kekeringan, antara lain satu kabupaten dari Banten, 12 Jawa Tengah, tiga Yogyakarta, 25 Jawa Timur, tiga NTB, dan enam NTT," terang BNPB dalam rilis yang diterima Indozone, Selasa (23/7/2019). 

BNPB telah menyalurkan air bersih ke wilayah yang terdampak bencana kekeringan. Total air bersih yang sudah didistribusikan mencapai lebih dari 7 juta liter.

Selain itu, BNPB juga menyiapkan solusi lain untuk mengatasi kekeringan, yakni untuk jangka pendek menambah hidran umum, membuat sumur bor, hujan buatan, hingga bantuan dana siap pakai. 

Adapun solusi jangka panjang, BNPB bakal merevitaliasi danau, membuat sumur bor permanen, membangun waduk, hingga perbaikan saluran irigasi. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X