The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Penampakan Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia
Gerhana Bulan Total (REUTERS/Marcos Brindicci)
News

Begini Penampakan Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia

Laut pasang.

Sabtu, 11 Januari 2020 07:53 WIB 11 Januari 2020, 07:53 WIB

INDOZONE.ID - Gerhana Bulan Penumbra terjadi pada hari ini, Sabtu (11/1/2020), ini merupakan anggota ke 16 dari 71 anggota pada seri Saros 144. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 30 Desember 2001. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memaparkan, durasi gerhana dari fase Gerhana mulai hingga Gerhana berakhir adalah 4 jam 08,7 menit. Di wilayah barat, puncak gerhana diperkirakan pukul 02.10 WIB, di bagian tengah 03.10 WITA dan di bagian timur 04.10. 

Gerhana bulan ini, sebagian dapat terlihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian timur, sebagian kecil Australia bagian barat, dan Samudera Hindia. 

Selain itu, proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian timur. 

Peta Gerhana Bulan. (BMKG).
Peta Gerhana Bulan. (BMKG).

Proses Gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian timur. Namun, Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian timur.

BMKG menegaskan, pada tahun 2020 ini, bakal terjadi 6 kali gerhana dengan rincian 2 gerhana matahari dan empat kali gerhana bulan. Tetapi tidak semua bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia.

BMKG memprakirakan adanya gerhana ini, membuat kondisi pasang naik air laut maksimum di Teluk Jakarta dengan ketinggian maksimal yang bisa dicapai 0,6 meter yang berpotensi menghambat laju aliran air sungai masuk ke laut di Teluk Jakarta.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Alwan
Alwan

Alwan

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US