Pertamina Evakuasi Pekerja Lapangan Migas di Irak ke Dubai

- Rabu, 8 Januari 2020 | 14:08 WIB
Pertamina Evakuasi Pekerja Lapangan Migas di Irak ke Dubai (Dok Pertamina)
Pertamina Evakuasi Pekerja Lapangan Migas di Irak ke Dubai (Dok Pertamina)

Pertamina terpaksa mengevakuasi para pekerjanya yang saat ini tengah bertugas di lapangan migas West Qurna 1 Irak, ke negara Dubai yang relatif lebih aman. 

Pertamina sendiri diketahui memiliki aset di Irak berupa blok migas di lapangan West Qurna 1.

Dalam menggarap blok migas tersebut, Pertamina menggandeng Exxon Mobile sebagai mitra kerja, dan menempatkan beberapa pekerjanya untuk bertugas di blok migas tersebut. 

"Pertamina memiliki aset di Irak di lapangan West Qurna 1, dimana yang bertindak selaku operator di sana adalah Exxon. Untuk sementara Pertamina menarik para secondee expat kita di Irak, untuk sementara ditempatkan di Dubai dahulu dan akan kembali ke Irak segera setelah kondisi lebih kondusif," ujar VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman saat dihubungi Indozone, Rabu (8/1/2020). 

Meski demikian, Pertamina tidak menghentikan proses produksi di blok migas tersebut, dan saat ini mengoperasikannya dengan tenaga kerja asal Irak, hingga situasi benar-benar aman. 

"Saat ini lapangan diawaki oleh staf-staf setempat.  Kami tetap berkomitmen untuk menjadi mitra strategis dan terpilih dalam pengelolaan sumber daya di Irak," tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, kawasan Timur Tengah saat ini memang tengah berperang. Iran, melalui pasukan Garda Revolusi menghujani pangkalan militer Amerika Serikat (AS) dan sekutunya di Irak dengan rudal. 

Operasi tersebut merupakan aksi balasan atas pembunuhan pimpinan militer Iran, Jenderal Qasem Soleimani oleh AS pada Jumat (3/1/2020) pekan lalu.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X